DIY Hiasan Kue Ulang Tahun

Menjadikan hari spesial orang yang kita sayangi berkesan kadang memang butuh usaha. Ada yang mempersiapkannya jauh-jauh hari, ada pula yang hanya merayakan secara sederhana dengan makan malam bersama keluarga. Apapun itu, sesuatu yang diberikan dengan tulus dari hati pasti membuat orang yang kita sayangi bahagia. 

Agustus lalu, suami saya berulang tahun. Suami lebih suka ulang tahunnya diam-diam saja, paling mentraktir orang terdekat. Sebagai istri saya merasa ingin memberikan sesuatu yang berkesan. Saya tidak merencanakan kejutan pesta besar atau perayaan yang mewah, tetapi sesuatu yang spesial untuknya. Dua jam lagi suami pulang kantor, masih sempat atau tidak ya membeli kue ulang tahun? Sekadar meramaikan hari spesial saja. 

Namun, saya lalu berubah pikiran. Suami saya tidak terlalu suka kue, sehingga saya mengganti kue ulang tahun dengan makanan favoritnya, yaitu martabak telur dan martabak manis. Setelah pesanan martabak datang, saya langsung merasa tenang.

Sisa waktu tinggal sekitar satu jam, sepertinya kurang nih kalau hanya martabak saja. Dihias apa ya? Terinspirasi dari bendera kecil yang suka ada pada makanan dengan menggunakan tusuk gigi, akhirnya saya membuat prakarya memanfaatkan barang-barang yang ada. 

 

Alat dan bahan:

  • Lem kertas/double tape 
  • Gunting
  • Kertas hvs 
  • Stik (saya menggunakan sedotan kopi dan stik balon yang dipotong jadi kecil-kecil, karena adanya itu)

Caranya:

  1. Siapkan dulu ucapan-ucapan apa yang mau disampaikan, bisa permohonan atau doa. Kemudian dengan bantuan komputer, saya langsung mencari ikon bendera dan memasukan ucapan dan doa. Lalu dicetak. Kebetulan saat itu tinta warnanya lagi habis, jadi hanya bisa hitam putih. Kalau tidak ada komputer, bisa juga digambar dan ditulis tangan.   
  2. Gunting satu persatu menyerupai bentuk bendera, seperti yang tadi telah dibuat. 
  3. Kemudian tempel sisi yang rata ke stik menggunakan lem/double tape. 
  4. Terakhir, tusuk ke kue ulang tahun sebagai hiasan
  5. Tambahkan lilin ulang tahun kalau ada. Kebetulan lilin ulang tahun Rayan tahun lalu masih sisa, jadi bahan-bahan sudah lengkap tanpa harus membeli.

 

Caranya mudah dan sederhana sekali, bahan-bahannya juga murah dan mudah dicari. Meskipun dibuat pada detik-detik terakhir, tetapi hasilnya cukup menarik. Bisa dikerjakan bersama si kecil.

Tak lama kemudian suami saya pulang, saya dan Rayan bersembunyi di kamar untuk memberikan kejutan, lampu dimatikan. Ketika suami membuka kamar, kami langsung menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Suami saya kaget, senyumnya merekah. 

Terbukti dengan memanfaatkan barang yang ada, kita bisa membuat kejutan kecil-kecilan. Hiasan ini membuat ulang tahun yang biasa saja jadi spesial dan berkesan. Pas sekali untuk menunjukan perhatian dan kasih sayang.

Catatan: Urban mama bisa juga memakai stik es krim dan kertas origami untuk meramaikan hiasan. Mungkin untuk ulang tahun si kecil kita bisa menggunakan karakter kartun yang berwarna-warni sehingga mereka lebih tertarik.  

 

Related Tags : ,

8 Comments

  1. avatar
    Honey Josep December 13, 2017 5:37 pm

    waaaah idenya keren banget!

    Tfs mama ayu :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel November 29, 2017 1:02 pm

    Aww so sweet! Suami pasti seneng banget deh istrinya kreatif begini :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi November 29, 2017 11:03 am

    waaah seneng ya pak suami dapat kejutan. suami pasti happy banget.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Retno Aini November 28, 2017 4:59 pm

    iya juga ya... nggak cuma cupcakes yg bisa dipakaikan hiasan topper, buat martabak juga ok :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania November 27, 2017 9:44 am

    Kreatif banget, bikin-bikin kayak gini sendiri.
    Setuju sama teh ninit, so sweet bangeet :)

    1. avatar
      Dahlian Ayu Novanti November 28, 2017 11:49 am

      so sweet banget ya aku hihihi...sekalian ngajakin anak bikin prakarya mba :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .