Mengapa Remaja Perlu Sarapan yang Tepat?

Saat anak-anak masih kecil, sarapan bukanlah sesuatu yang terlalu sulit. Mengumpulkan mereka di meja makan dan menyuapi mereka satu per satu di pagi hari sudah menjadi ritual yang menyenangkan dan kadang merepotkan. Drama si kecil tidak mau sarapan sampai akhirnya saya bisa membujuk mereka untuk sarapan dengan beragam pilihan menu favorit sampai mengajak bermain sudah menjadi keseharian. Semua kerepotan dan kelelahan terbayar karena saya dan mereka sama-sama punya banyak waktu di rumah untuk menghabiskan sarapan masing-masing.

Namun kini, saat dua di antara mereka telah beranjak remaja, sarapan ternyata menjadi makin sulit. Kehidupan mereka yang makin sibuk dengan dunianya masing-masing, seperti sekolah, ekskul, dan kehidupan sosialnya, membuat mereka sering kali terburu-buru menghabiskan sarapan, bahkan tak jarang mereka melewatkan jam sarapan. Bukan sekali saja saya melihat Abang hanya meneguk seperempat susunya, menggigit rotinya sedikit lalu berlari ke arah mobil jemputan yang sudah tiba pukul 5 pagi. Atau Kakak yang bahkan sampai saya suapi sereal favoritnya karena harus buru-buru ikut pengayaan pukul 6 pagi di sekolahnya.

Namun, demi kepentingan mereka, saya harus memastikan bahwa mereka sarapan dengan benar. Memang kadang tidak mudah, tetapi hasilnya sebanding. Misalnya di hari-hari mereka harus berangkat lebih pagi, ya saya membangunkan mereka lebih pagi juga agar punya waktu cukup untuk sarapan dengan benar, sehat, serta tidak terburu-buru. Saya pun memilihkan mereka sarapan yang cocok untuk usia serta kesibukan mereka. Sarapan yang paling favorit anak-anak biasanya yang praktis saja, misalnya nasi goreng lengkap dengan telur dan irisan mentimun, atau susu dan sereal, ditambah dengan buah-buahan.

Mengapa penting sekali bagi remaja seperti mereka untuk sarapan? Dari sebuah literatur yang saya baca pada usia pertumbuhannya ini, remaja banyak mengikuti aktivitas, fisik mau pun mental, seperti bermain, belajar, dan berolah raga sehingga mereka membutuhkan lebih banyak energi dan zat gizi dibanding usia di bawahnya. Diperlukan tambahan energi, protein, kalsium, fluor, zat besi, dll, pada usia tersebut karena pertumbuhan mereka sedang pesat-pesatnya sementara aktivitas kian bertambah.

Ada saat di mana remaja kita bahkan sama sekali tidak sempat sarapan, padahal dengan tidak sarapan ia bisa mengalami hipoglikemia atau kadar glukosa di bawah normal. Hipoglikemia biasanya mengakibatkan pusing dan tubuh gemetaran yang terjadi akibat kekurangan glukosa yang merupakan sumber energi bagi otak. Berdasarkan yang direkomendasikan WHO, sarapan yang baik dan memenuhi kriteria gizi adalah sarapan yang menyuplai karbohidrat (55-65 %), protein (12-15 %), lemak (24-30 %), vitamin, dan mineral yang bisa diperoleh dari sayur atau buah (sumber Almatsier, 2004).

Sarapan bagi anak remaja sangat penting karena waktu sekolah yang penuh aktivitas dan membutuhkan energi serta kalori yang cukup besar. Untuk sarapan pagi harus memenuhi sebanyak 1/4 kalori sehari. (sumber Judarwanto, 2008 )

Nah, oleh karena itu saya sangat percaya bahwa sarapan yang tepat tentu akan berpengaruh pada energi mereka sepanjang hari serta nutrisi tubuh mereka pun terpenuhi. Saya yakin jika pagi mereka sudah dimulai dengan baik, termasuk sarapan yang baik, sisa hari mereka pun semoga akan baik.

Satu lagi, sarapan yang baik juga terbukti membuat berat badan mereka terjaga, lho. Karena dari pengalaman saya, saat anak-anak tidak sempat sarapan, mereka akan makan apa saja di siang hari, terutama jajan segala macam yang di jual di sekolah dan kebanyakan isinya hanya karbohidrat saja. Belum lagi saat pulang ke rumah, di sore dan malam hari mereka biasanya akan ‘kalap’ karena kekurangan nutrisi di pagi dan siangnya.

Saat mereka makan pagi yang bernutrisi, siang dan sore/malam hari mereka akan makan sesuai porsinya, tidak kurang dan tidak lebih.

Nah urban mama, karena salah satu sarapan paling favorit anak-anak adalah sereal, kebetulah saat ini sedang ada promo menarik dari Nestle. Dari tanggal 1 April hingga 15 Juni 2017 ada promo undian SMS berhadiah emas 10 gram. Caranya mudah, cukup kirimkan kode unik yang tercantum dalam kemasan NESTLE KOKO KRUNCH bertanda promo serta melengkapi kalimat “Aku suka Koko Krunch karena….”  dan kirimkan ke 95899. Format SMS: KK(spasi)kode unik#Nama#Usia#No.HP#Aku suka Koko Krunch karena…..

Oh ya, peserta untuk mengikuti promo ini minimal sudah berusia 12 tahun ya. Ayo urban mama, kita tanamkan kebiasaan sarapan sehat untuk para remaja dan jangan lupa ikuti undiannya.

7 Comments

  1. avatar
    Retno Aini May 2, 2017 2:29 pm

    Jadi inget waktu jaman masih umur abege dulu, selalu lapaaarrr... tapi gak dibolehin sering2 jajan sembarangan xD jadi sama ibu tiap pagi selalu disiapin sarapan banyak. Sekarang enak ya ada koko krunch, tinggal tuang, makan, kenyangnya awet :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi April 25, 2017 1:22 pm

    Ini sarapan favorit anak-anak, ga ribet dan semua suka. Sarapan penting banget ya supaya anak-anaka bisa ada energi ekstra untuk beraktifitas.

    1. avatar
      zata ligouw April 25, 2017 8:54 pm

      yes, kalo ribet sarapannya malah bikin telat Dit ;p

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita April 25, 2017 11:59 am

    ya ampuunnn bang kenan & caca udah remaja ajaaaa... ganteng & cantik. kalo udah masuk remaja, kegiatan juga tambah banyak yah ta... thus, penting banget buat sarapan. paling ringkes dan praktis, yaaa koko krunch :).

    ih asik amat ini promo dari koko krunch! ikutan aaah!

    1. avatar
      zata ligouw April 25, 2017 8:53 pm

      makasihhh teh, iya udah pada abege nih...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    musdalifa anas April 25, 2017 3:33 am

    Zata, jadi ingat dulu pas smp, jarang banget sarapan kalau mau berangkat sekolah, badan sering gemetaran krn lapar ya jadinya jajan deh :( sejak jadi ibu, gak lagi deh menganggap sepele sarapan, apalagi buat anak-anak.
    Wah ada lagi promo dari Koko Krunch, kemarin yg fiesta berhadiah iphone, sekarang berhadiah emas. Menariiik banget. Tfs ya zata.

    1. avatar
      zata ligouw April 25, 2017 6:51 am

      sama-samaaa Peh. Ahaha iya sama banget, dulu kita sering skip sarapan, sekarang jangan sampe anak2 kita begitu, ya...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .