P3K dengan Ramuan Herbal

Saat anak sakit, biasanya kita sebagai ibu mudah sekali panik, apalagi jika baru anak pertama. Banyak membaca teori ini dan itu, mendengar cerita dari orang lain atau kerabat, malah kadang jadi tambah bingung. Saya ingin berbagi beberapa resep obat tradisional yang bisa dibuat dengan bahan-bahan herbal yang ada di rumah. Resep-resep ini saya dapatkan dari nenek pengasuhnya Albi, dan sejauh ini cocok untuk meringankan gejala penyakitnya. Beberapa resep yang sering kami gunakan:

1. Demam

Andalan saya adalah bawang merah yang manjur untuk pertolongan pertama saat Albi demam atau masuk angin. Ambil beberapa siung bawang merah, lalu lumatkan dengan minyak kelapa (atau bisa diganti dengan minyak zaitun atau minyak telon). Usapkan ke punggung si kecil sambil dipijat-pijat. Jika demam tinggi, saya akan membalurkannya ke seluruh tubuh. Biasanya pada bagian kepala saya tambahkan asam jawa dan dioleskan ke ubun-ubunnya. Albi tetap saya mandikan dan berendam di air hangat yang diberi perasan air jeruk nipis. Sejauh ini cukup manjur untuk menurunkan demam Albi dan membuat tidurnya jadi lebih nyenyak.

2. Flu

Selain dibaluri dengan bawang merah karena biasanya disertai demam, saya juga membuat ramuan kencur untuk meredakan pileknya. Bersihkan kencur tanpa dikupas, lalu parut. Campurkan parutan kencur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu usapkan di ubun-ubun si kecil.

Bagaimana kalau hidungnya mampet? Mudah saja, cukup diuap secara alami. Urban mama tinggal menyiapkan air panas mendidih, tuang di baskom dengan campuran sedikit minyak telon. Biasanya saya tambahkan irisan bawang merah juga, lalu dekatkan baskom uap itu pada si kecil. Dulu saat Albi masih berusia 3-6 bulan dan belum banyak berontak, saya posisikan ia tengkurap di paha saya dan menghadap ke baskom yang saya letakkan di lantai. Biasanya uap itu akan mengencerkan ingus sehingga bisa keluar sendiri dengan mudah.

3. Batuk

Batuk itu sepertinya musuh besar anak-anak, termasuk Albi. Nah pertolongan pertama saat Albi batuk adalah tentu saja diuap dengan bawang merah. Selain itu Albi pernah saya beri satu sendok teh air rebusan daun saga. Ramuan ini cukup ampuh mengurangi gatal tenggorokan karena batuk. Jangan lupa juga susui terus si kecil dan minum air hangat

4. Kembung atau Sembelit

Saat Albi sembelit atau kembung, saya langsung mencari daun jarak. Cuci bersih dua lembar daun jarak, lalu panaskan di atas api, tapi jangan sampai gosong. Tempelkan di pertu si kecil, lalu lilitkan dengan kain. Tidak perlu terlalu kencang, yang penting daunnya tidak bergeser. Biasanya setelah diberi daun jarak Albi langsung bisa buang air besar.

5. Benjol

Sejak belajar merangkak dan berjalan, anak-anak pasti akan sering jatuh atau terbentur. Jika Albi benjol, saya akan mengambil sejumput daun binahong, dan diremas-remas sampai keluar getahnya, dan oleskan perlahan pada bagian yang benjol. Fungsinya adalah mengurangi penggumpalan darah di lukanya.

6. Digigit serangga

Saat Albi baru dua bulan, tiba-tiba punggungnya bentol-bentol merah. Menurut dokter, Albi terkena tungau. Saya pun langsung membersihkan kamar, tempat tidur, dan pakaian Albi. Dokter pun tidak memberikan obat karena Albi masih bayi. Saya pun mencoba saran dari orangtua, yaitu dengan menggunakan kunyit. Parut kunyit lalu campurkan dengan minyak zaitun. Ambil satu sendok kecil dan panaskan sendok itu di atas api sampai minyaknya menjadi hangat. Oleskan pada bagian yang gatal. Alhamdulilah, lama-kelamaan gatalnya mengering dan bersih.

 
image credit: pexels.com

Nah, Urban Mama, itulah kira-kira P3K herbal yang saya gunakan saat Albi sakit. Saya bukan ahli pengobatan, hanya ingin berbagi saja, siapa tahu ada yang cocok untuk anak-anak lain juga. Namun kita tetap harus waspada jika terjadi efek samping. Semoga anak-anak kita sehat-sehat selalu!

7 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania December 12, 2017 6:48 pm

    Bawang merah banyak yaa manfaatnya.. Tapi aku tak suka baunya hiks.

    Inget banget waktu itu anak2 dikasih bawang merah di atas kepalanya, trus baunya ga ilang selama seminggu walau udah di shampooin :(

    Cuma kalau untuk di uapin gt sih aku masih oke, asal gak nempel di kulit :D

    Poin nomor 6 aku baru tau nih! makasih ya mama Arina buat artikelnyaa

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel December 11, 2017 6:46 pm

    Wah berguna sekali nih infonya!
    Saya juga masih suka kasih kerokan bawang merah nih buat anak2 kalau masuk angin.

    1. avatar
      Arina Robbi December 11, 2017 6:51 pm

      Allhamdulilah sama2 mama, bawang merah emang andalan semua yaa

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini December 11, 2017 3:17 pm

    Terima kasih untuk resep obat alaminya ya mamaArina :D waktu masih kecil saat sakit, saya masih ngerasain hangatnya dibaluri minyak telon & rajangan bawang atau parutan kencur oleh nenek saya :D sekarang pengobatan alami untuk anak paling2 saya berikan ramuan jahe+air jeruk nipis+madu sebagai obat batuk alami.

    1. avatar
      Arina Robbi December 11, 2017 6:37 pm

      Sama-sama ya mama,wah bener juga pake jahe Dan jeruk nipis tapi kadang masih ragu karena Albi masih satu tahun, kalau dikasih jeruk nipis atau jahe gt kuat ga ya perutnya?

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    dieta hadi December 11, 2017 11:22 am

    Wah membantu sekali ya ini obat alaminya dan beberapa pasti ada di dapur. Aku juga sering balur bawang dan minyak kayu putih ke anak-anak kalo pada demam atau masuk angin. TFS ya mama

    1. avatar
      Arina Robbi December 11, 2017 11:28 am

      Sama-sama semoga bermanfaat ya mama :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .