1

Topic: Hamil Kembar

Hy bunda twins, salam kenal
seneng bgt akhirnya ketemu forum ini, jadi ada tempat untuk sharing berbagi pengalaman atau sekedar bertanya
bersyukur banget saya diberkati hamil kembar sama Tuhan, ini kehamilan pertama saya,
saat ini kandungan saya memasuki minggu ke 32, berat janin yang 1.7 sama 1.8.... mw nanya bun, klo konpal itu kya gmna si, yg saya baca ktanya perut berasa tegang ya? saya sering ngrsain perut tegang apalgi setelah habis makan... apa itu tanda konpal jg ya... tp sya ga ngrasain mules, cuman tegang aja... oy, minggu ini kaki sya uda mulai bengkak2...kadang saya minta suami buat pijitin kakinya (lumayan enakan jadinya, bahkan lebih mendingan jadinya bengkaknya).... btw bleh ga ya klo hamil, kakinya dipijit... mohon sarannya ya bun.. hehehehe secara ini pengalaman pertama saya hamil sekaligus kembar :)....

2

Topic: Hamil Kembar

Halo salam kenal..
Gimana ada cerita lagi tentang hamil kembar 
Saya lagi hamil kembar 21w 
2 kantung 1 plasenta 
Berat bayi A 360 gram bayi B 400 gram.  Pas di Usg 20w 
Saat ini kata dokter Baik-baik saja dan normal :)

3

Topic: Hamil Kembar

Waa, ikut senang dengernya mama  Dika

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

4

Topic: Hamil Kembar

Hallo, saya mau berbagi cerita.
saya hamil kembar dua kantong 1plasenta / modi twins

pertama kali tau kembar saat kandungan 7minggu, kedetect ada duo detak jantung diatas dan bawah.

seiring berjalannya waktu, saat usia kandungan 15minggu sudah terlihat duo jagoan alias kembar cowo. cuma belum kelihatan ada sekat atau tidak.
nah masuk usia 20minggu, baru kelihatan ada kantung pemisah. Kita sudah agak takut kalau tdk ad kantung pemisah karena resiko Twin to Twin syndrome sangat tinggi.
walaupun ada kantong pemisah, resiko ini tetap ada tapi kecil.
usia kandungan 23minggu dijadwalkan utk usg 4d. Utk semuanya baik hasilnya, cm ada sedikit sedih ternyata baby B ada bocor jantung kecil 0,5mm. Dokter bilang bnyk berdoa asalkan bocornya itu tdk gede. Kemungkinan akan menutup sendiri saat lahir nanti.

saat usia kandungan 27minggu, udh mulai terasa berat dan sakit sekali terutama di bagian perut Seperti mau pecah. Saat itu BB baby A 1,8kg dan baby B 1,7kg. Saat konsul di usia kandungan 31minggu, sudah mulai susah jalan karena perut besar sekali. Di cek BB bayi sudah 2,0dan 2,3  Ternyata baby B lebih besar dibanding baby A. Pdhl td baby A lwbih besar. Setlah di cek ternyata kemungkinan ada twin to twin, karena kantung kecil baby A sedikit dan jantungnya mulai lemah. Td kita mau lahirkan di usia 34 / 36 minggu. Ternyata sudah tdk ad waktu, dan di atur utk lahir di 32 minggu. Dan disuntik pematangan paru paru.

akhirnya datanglah Hari H, operasi pagi jam 9. Utk proses operasinya sendiri lancar , 15menit bayi A keluar dan selang 1 menit bayi B keluar. Saat dikasih lihat semua baby sshat. Tapi baby B seperti mengembang kata dokternya karena efek twin to twins.
saya sendiri butuh waktu 5jam pemulihannya karena efek lahiran kembr, darah saya bnyk keluarnya.

suami saya dipanggil ke ruang baby dikasih tahu bahwa baby A cukup bagus tp harus dipantau terus karena prematur. Begitu jg baby B, tpi utk baby B ini paru2 nya belum begitu berkembang, napasnya tersenggal senggal walau sudah dikasih bantuan oksigen. Dan dokter putuskan masukkan ke Nicu. Selama di NICU perkembangan awalnya cukup bikin hati sy menangis karena tdk ada kemajuan, tp untungnya di hari ke 4 semakin membaik dan mulai coba lepas peralatan. Baby A saya pulang dulu ke tumah pada hari ke 4. Baby B tetap tinggal. Dan setelah 1minggu inap di NICU, akhirnga baby B bisa pulang juga. Untungnya smpai skrg keduanya sehat sehat saja.

5

Topic: Hamil Kembar

silviaalexander,
wahhh ikut tegang deh bacanya... alhamdulillah yaaa baby B udah bisa pulang dan sehat-sehat saja. semoga seterusnya selalu sehat yaaa si kembar ganteng... 

mama silvia juga sehat-sehat yaaa... :) 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Hamil Kembar

silvi, duh deg-degan bacanya, secara punya anak prematur juga jadi pasti tau deh apa yg silvi rasain. Alhamdulillah ya baby B dan A sehat semuanya, selamat ya silvi.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

7

Topic: Hamil Kembar

haloo momm, saya jg lagi hamil kembar hasil ivf. karna mmg masukin 3 embrio. alhamdulillah yg nempel 2. ini masuk usia 10 minggu. aku ngalamin hyperemesis jg waktu kehamilan 7-8 minggu. jadi mesti dirawat 2 hari di rs. skrg mual muntah udah berkurang.. tapi masih muntah 2-3 kali sehari. yg aku rasain skrg2 sih.. kalo ngmg suka ngos2an. mgkin karna aku ngmgnya jg suka cepet2 kali ya.. sama maaf vag*na kok suka sakit ya mom? ada yg pernah ngerasain gejala gitu ga?

8

Topic: Hamil Kembar

rara, wahh selamat ya hamil kembar, duh pengen deh punya anak kembar tapi sayang ga punya turunan kembar hehe. oh ya masalah vagina sakit ga tau juga, coba aja pas kontrol ke dokter mungkin bisa ditanyain

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

9

Topic: Hamil Kembar

silviaalexander duh kebayang tegangnya saat menanti bayi B untuk stabil dan bisa pulang ke rumah. Syukurlah sekarang dua kembar sehat ya... ikut senang mendengarnya :)

rara selamat ya buat kehamilannya. Apakah kehamilannya sudah pada trimester 3? biasanya kalau tulang vagina sakit karena beban bayi yang menekan... coba konsultasi dokter dan beberapa gerakan yoga buat ibu hamil bisa membantu meringankan sakitnya. 

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

10

Topic: Hamil Kembar

dieta hadi wrote:
\[b\]rara\, \[\/b\]wahh selamat ya hamil kembar\, duh pengen deh punya anak kembar tapi sayang ga punya turunan kembar hehe\. oh ya masalah vagina sakit ga tau juga\, coba aja pas kontrol ke dokter mungkin bisa ditanyain


thanks ya momm.. tanteku sih mmg kembar ya. tapi aku pikir yg aku alami bukan genetik, tapi karna hasil program ivf nya. nanti aku tanyain deh momm pas chekk2 ke dokter.. :)

11

Topic: Hamil Kembar

@honey josep , masih TM 1 sih mom.. iyaa dl pas awal2 aku tanyain ke dokter yg nanganin aku ivf sih jawabnya cm wajar.. peregangan otot rahim jadi sampe vag*na. btw, yoga blh dilakuin pas umur kehamilan brp bulan ya mom??

12

Topic: Hamil Kembar

rara pregnancy yoga bisa dilakukan sejak trimester 1 bila kondisi bumil memungkinkan, missal ga ada mual muntah berlebihan karena gerakan prenatal yoga ramah buat bumil.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

13

Topic: Hamil Kembar

Baca cerita dari mommy silviaalexander bikin degdegan, selamat yah Mom, Semoga anak2 sehat. Salam kenal dari Rama dan Krishna.

Yang mau baca cerita saya tentang twins and my pregnancy cek di rumahnomortujuh.wordpress.com

14

Topic: Hamil Kembar

Assalamu'alaikum
Selamat sore, perkenalkan saya Dian Lestari. Saya juga alkhamdulillah lagi isi dede twins UK 21w2d. Tpi kok rasanya perutnya udah kencen+tegang banget yaaa,, berasa ketarik gitu. Apa itu wajar mom.?? Bahaya ngga si buat dede2nya.??

15

Topic: Hamil Kembar

congrats ya mom atas kehamilan kembarnya, seneng banget dengernya. 
aku juga pengen punya baby kembar tapi dikeluargaku gak ada yg kembar hehhehe ...gmn dong :D
klo browsing2 keluhan hamil kembar biasanya varises pada kaki, mual muntahnya lebih berat dan mudah capek maka dari itu jaga kondisi tubuh juga, tapi gak semuanya mom....karena kondisi ibu hamil beda2 kok...
terus makan2an yg bergizi ajaa mom, dan rutin periksa ke dokter.

pokoknya tetep semangat yaahhh dan positive thinking :) 


16

Topic: Hamil Kembar

wah selamat ya buat bunda yang memiliki anak kembar bahkan triplet :D Aku sih anaknya satu. Temanku ada yang langsung kembar dua cewek. lucu-lucu anaknya. Dari apa yang di share ama temanku, dia sih baik-baik aja selama kehamilan. meskipun ya resiko kehamilan kembar lebih banyak. 

17

Topic: Hamil Kembar

dina noermadi prastyawana & mrsramadhana


mom aq mau dong di invite grup wa twins mom. Thx


***
mod note : Mama, kita diskusi di forum saja ya. Kami tidak menyarankan untuk bertukar nomor hp untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

18

Topic: Hamil Kembar

Hai moms semua..  Saya member baru..  Mau minta sarannya.. Saya kemarin ini program ivf buat anak kedua..  Karena saya ada hidrosalping di tuba kanan kiri..  Jadi harus ivf.. Saya ivf di RS Limijati Bandung..  Kmrn saya ditransfer 3 embrio..  Dan ternyata..  Jadi semua..  Saya kaget..  Kt dokternya janinnya ad 3 dan ada detaknya semua..  Skrg 8w..  Saya byk dpt cerita ktnya kalau hamil kembar apalagi 3 itu kemungkinan prematur..  Ada saran ga supaya bisa ga prrmatur..  Gimana cara supaya berat si baby bisa cukup di hpl nya..  Dokter saya ga kasih tau kpn hpl nya..  Apa karena kembar 3.. Dia cuma bilang..  Makan yg sehat jangam cape2 dan nanti ada team khususnya yg nanganin.. 
Tp saya juga bingung kalau makan byk.. Banyak yg ga masuk jg..  Krn mualnya parah.. 
Thanx ya moms.. 

19

Topic: Hamil Kembar



Hi Fellicia selamat ya. Semoga sampai saat ini kehamilannya lancar dan sehat ibu dan ketiga bayinya. 2 bln lalu saya melahirkan bayi kembar perempuan identik pada usia 38 minggu dengan operasi caesar. Sejak awal mengetahui mengandung bayi kembar saya selalu mengalami ketakutan bahwa mereka akan lahir prematur, apalagi badan saya termasuk kecil. Bahkan kemungkinan untuk prematur bisa 50:50. Namun pesan dokter yang selalu bilang, “Ibu jangan kerja capek-capek. Saat badan merasa lelah, langsung stop apapun yang sedang dikerjakan.” Karena itulah pada usia kehamilan 5 bulan saya memutuskan untuk tinggal di rumah orang tua dengan pertimbangan ada yang mengasuh anak pertama saya yang saat itu berusia 3 tahun dan tidak perlu diribetkan dengan urusan masak dan bersih-bersih rumah :D

Untuk mualnya, memang saya rasakan sangat parah dibanding kehamilan anak pertama saya laki-laki. Mualnya sepanjang hari, muntah bisa sampai 3 kali sehari, berlangsung sampai usia kehamilan 4 bulan. Setelahnya mual berkurang, namun rasa tidak nyaman di dalam mulut berlangsung sampai mereka lahir. Hampir 5 bulan saya mengalami kesulitan maka nasi, yang akhirnyq saya ganti dengan roti. Setiap makan nasi selalu ingin muntah. Kata dokter waktu itu tidak masalah karena di kehamilan muda mereka belum terlalu butuh banyak pasokan dan saat itu vitamin tidak pernah ketinggalan.

Sekian dulu sharenya

20

Topic: Hamil Kembar

Hi semuanya,

Salam kenal!

Namaku Dea, saat ini sedang mengandung anak kedua sekaligus ketiga, usia 36 weeks.
Sejauh ini, kehamilannya ga ada masalah sih, puji Tuhan semua sehat, baru belakangan ini aja mulai sering sakit di bekas sc (anak pertama sc soalnya), dan kaki mulai bengkak2. Dokter sih udah bilang untuk ga jalan-jalan, cuma aku ga betah banget kalo cuma tiduran atau leyeh2 terus, makanya masi suka ngelayap, paling ga ke mall buat ke toko buku, hihi.

Mendamparkan diri di forum ini karena pgn tau cerita2 hamil kembar lainnya & bakal cari banyak info juga di thread lain, terutama ttg menyusui si kembar. Harapannya sih bisa ASIX sampai 2 thn kayak yg pertama, hehe.

Bundanya si pitik

21

Topic: Hamil Kembar

Makesa,
Wah nggak kebayang kalau harus ngerasain gak nyaman di mulut selama 9 bulan.
Sekarang apa kabar babiesnya?

Andrea,
Selamat yaa mama atas kehamilan kembarnya. Hahaha.. kalau biasa jalan2 trus disuruh anteng tuh emang susah yaa..
Btw kenapa udah nggak boleh capek2? Takut kontraksi kah?
Terus kalau kaki bengkak itu, coba deh pas tidur kakinya dikasih bantal biar tinggi. Enak kok :)

Nah untuk menyusui si kembar, kebetulan ada artikel di TUM juga, bisa cek ini yaa
https://m.theurbanmama.com/articles/menyusui-si-kembar-sampai-2-tahun.html
https://m.theurbanmama.com/articles/sepertiga-perjalanan-menyusui-bayi-kembar-3.html

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

22

Topic: Hamil Kembar

hiii mommies .... aku br bergabung nie di the urban mama.

saat ini aku sedang menjalani kehamilan kembar, usia kandungan 9 weeks.
mommies disini ada yg bisa share pengalaman hamil kembar kah? ditangani
dokter siapa di daerah bekasi n bisakah hamil kembar menjalani
kelahiran secara normal. karena aku pengen banget bisa lahiran normal.

thx bngt sebelumnya

23

Topic: Hamil Kembar

Kalau memang hamil kembar, selamat moms ya pasti kebahagiaannya double. Pokoknya rutin check up moms jadi bisa tahu kondisinya dari dokter gimana. semoga sehat selalu moms.

Topic: Hamil Kembar

Wah seneng banget yang hamil kembar yaa, apalagi yang hamilnya alami. Jangan lupa selalu rutin kontrol ke dokter ya mom.  Semoga kehamilannya sehat selalu.