1

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Amat sangat menolong banged buat saya :D

Mulai rutin senam hamil seminLekali dr sekitar 24 minggu. Ternyata dari kontraksi per 2-3 menit sampai babyku lahir 4x24 jam ajah dong.... Kalau menurutku ya karna bisa atur nafas yg diajarin di senam hamil itu deh. Panik berkurang, stamina terjaga. Fasih juga ambil posisi ngeden meski tenaga uda tipis :) jadi kalo di aku, rutin senam sejak awal bikin ga bisa lupa meski capek n kesakitan.Kemungkinan laharian norMal jd ikutan bertambah. Uda berapa x nyaris cesar, tp gagal (cesar) hihihi

@pikipikirasa

2

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

USeful buat aku, walopun tetep susah praktekinnya waktu bukaan hampir lengkap..tp tetep bisa atur nafas,rocking, sama caranya ngeden..

3

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

ikutan sharing...

ikut senam hamil waktu anak pertama aja, dan di berbagai tempat kecuali tempat melahirkannya sendiri :)

dari RS yg tempat kontrol kehamilan, sampai RS yg dekat rumah, biar ngejar tertib jadwal senam.

enaknya beda2 tempat, bs dapet berbagai perspektif yg mgk ga didpt kalau satu tempat. :)

4

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Anak pertama rutin senam hamil, anak kedua baru 1x nih. Malah lebih sering yoga drpd senam hamil:D

Yang pasti klo senam hamil, suami klo bs ikut.. soalnya wkt nglahirin anak pertama smua yang diajarin di senam hamil tetiba lupa semua ktika kontraksi datang. Justru yang rajin ngingetin suami krn dia slalu ikut dan inget step2nya, cara nafas yg bener, dll... istrinya mah dah ga konsen huehehe

5

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Baru ikut 2 kali, uk 28w & 31w di RSB Asih Pangpol. Sebenernya yang diajarin gerakannya sama, tapi harapannya kalo berulang2 sih semoga bisa masuk ke alam bawah sadar gitu. Terutama teknik pernapasan yang ternyata beda2 untuk kontraksi awal, kalo pake selang oksigen, pas pemeriksaan dalem, dan pas ngeden. Pengen sih cobain di tempat lain, tapi karena suami jauh, jadi males pergi2 sendirian. Kayanya di KMC recommended ya.

6

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

hai mom,

waktu hamil aku mulai ikut yoga saat kehamilan 3 bulan. menjalani yoga cm 2X kr mahal :D.
mulai masuk 7 bulan ikut senam hamil di RSIA bunda..meskipun saya harus SC pada akhirnya.
senam hamil lumayan mengurangi pegal di punggung buat saya.

7

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

saya ga pernah ikut senam hamil sau kalipun, ikutnya yoga prenatal aja. eh itu sama ga sih sama senam hamil? hehehe
kalau yoga prenatal sih ngerasain manfaatnya banget, ngurangin pegel di kaki en punggung trus tidur jadi lelap en mood jadi lebih baik.

8

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Kalo pengalaman diriku pribadi, senam hamil nolong banget sih ya.. terutama buat first mom.. Jadi nya ada sedikit gambaran apa yang harus dilakukan n apa yang ga boleh pas mau lahiran..:)

9

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

seanam hamil ngebantu kalo untuk aku pribadi di teknik pernapasannya, lumayan mengurangi sakit pas kontraksi

10

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Hello all,

Kalo menurut saya, senam hamil itu sangat bermanfaat. Memang saya tidak pernah bisa merasakan manfaatnya ketika melahirkan sih (karena saya 2x melahirkan terpaksa SC krn indikasi medis), tapi terasa banget manfaatnya selama hamil. Badan memang terasa lebih seger dan bugar plus lebih lincah juga meskipun sudah trimester ketiga. Gerakan senam hamil juga berguna untuk mengatasi sakit punggung, kaki bengkak, dan tangan kesemutan. It works like a charm kalo buat saya.

Supaya lebih optimal manfaatnya latihan fisik (senam hamil) sebaiknya juga diimbangin dengan latihan mental. Nah kalo saya kombinasikan senam hamil ini dengan ikut kelas hypnobirthing. Kerasa banget bikin lebih tenang n stay positif selama hamil. Plus jadi gape relaksasi yang bener2 bikin badan seger setiap hari meskipun perut udah berat hehe :p

Selain itu, ada juga manfaat sampingan dari ikut kelas senam hamil, yaitu sesi sharing bersama dengan bidan/instruktur dan teman sekelas. berguna banget utk persiapan lahiran, menyusui, atau sekedar utk mengatasi masalah2 semasa hamil. Tapi kalo ini tergantung kelasnya di RS mana kali ya. Saya ikut kelas senam hamil n hypno di RSB Duren Tiga. Puas banget n ngerasain banget manfaatnya. Bahkan meski udh hapal gerakannya pun saya tetap rajin dateng krn seneng sm suasana kelasnya n sharing ilmu2nya.

Yang juga penting, kita harus rajin melakukan gerakan senam hamil di rumah juga supaya badan beneran fit n senamnya beneran bermanfaat :)

11

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Iya setuju. senam hamil lmyn berguna krn melatih pernafasan. Pas lagi hamil kan bawaannya males gerak yah. perut uda gede gt. Nafas uda ngos2an. Nah senam ini guna d. Biarpun pas hari H nya lupa teknik2 pernafasan dan teman2nya :p

12

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Senam hamil useful banget buat aku walopun akhirnya lahirannya sectio tapi ngebantu atur nafas pas di induksi. Waktu trimester dua rajin ikutan yoga delang seling sama senam hamil. Stamina pas hamil jadi lebih kuat pas penyembuhan pasca sectio juga lebih cepet.

13

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Useful bgt pastinya, walau ga rutin yang penting ikut sdh ngebantu bgt. Apalagi ada sharing sessionnya sebelum n sesudah senam, kayanya nyaman bgt bisa sharing n kumpul2 sesama preggomoms.. bisa saling curhat juga keluhan semasa hamil.

Waktu pertama kali ikut pas hamil anak pertama dari yang totally blank n nervous, jadi ngerti gmn pernapasan, posisi relaksasi, sampe ke praktek mengejan ketika kehamilan sdh masuk 36w.. Mungkin ada pengaruhnya juga ke proses melahirkan, alhamdulillah lancar cuma kurleb 5 jam dari pas periksa kontraksi sampai babynya lahir :) Semoga hamil yg ke2 ini juga diberi kelancaran.

**Blessful Mommy of #BebeNoah & #BabyNathan**
IG & Twitter @Dheeny

14

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Pengalaman selama hamil anak pertama, ikut 3x kelas senam hamil.
Ngebantu ya di aku untuk teknik pernapasan dan ngedennya. Sukes dipraktekkan saat waktunya lahiran, lumayan ngebantu ngurangi rasa sakit pas kontraksi dan bisa rileks juga tetap fokus saat sudah pembukaan lengkap :)

-one kind word can change someone's entire day-

15

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Hai moms, buat aqu senam hamil berguna banget. Hamil anak pertama aqu senam hamil sendiri di rumah, cuma modal beli buku tentang kehamilan dan senam hamil yg ada bonus vcd nya,, pas liat gerakan senamnya sih kayaknya ringan aja tp pas sdh senam langsung keringetan terakhir ketiduran abis relaksasi hehehehe. Stimulasi pada calon baby jg aqu lakuin. O ya Senam hamil juga membantu supaya bayi tdk sungsang, selain itu aqu jg tetap aktivitas biasa walau gerakan jd lambat karna perut besar. Aqu lahiran normal moms, beberapa jam sebelum lahiran aqu jalan jalan ke mall bis tu rasa kayak month bab tp gak keluar". Jd sempet k toilet d mall duduk lama banget, hubb smpe kuatir nunggunya hahaha, tp syukur semua lancar aja.
Sekarang hamil anak kedua uk masuk minggu 26 , rencana mau mulai senam hamil lagi, hampir tiap sore anakku minta naek sepeda jalan muter" kompleks, jd skalian aja aqu olahraga. mudah"an normal lagie yg kdua ini.

16

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

wah baguslah kalo pada merasa berguna...

karena kalau menurutku, tidak berguna. hahahah

aku pernah ikut senam hamil waktu hamil anak ke 1. hanya 2 atau 3x sih, karena aku males *upsss*

aku 2x lahiran normal dibantu dgn induksi. pas udah bukaan 7 ke atas boro2 mau praktekin apa yang diajarin pas senam hamil, sakitnyaaaa ampun2an.

waktu anak pertama udah bukaan akhir kan disuru napas bu napass... jgn jerit2. aku malah ngomelin susnya, gimana bisa disuruh diem, sakit bgt ini sus, bla bla bla *maapin aku sus :D* tp bnran semua teori yang diajarin itu ngga bisa diterapin, aku akhirnya ikutin refleks aja gmn biar ga terlalu sakit.

pas anak kedua sakitnya juga sakiitt... dan aku ga bisa disuru diam tarik napas dalam2, rasanya tambah sakit. untung susnya bolehin aku ngeluh sakit jd ngga sambil marah2 lahirannya.

Apa karena diinduksi juga ya kontraksinya jadi mantep bgt? krn ga pernah lahir full normal aku gatau lahir normal sesakit apa.
pas bukaan 7-10 itu 2x lahiran cpt bgt, mungkin hanya 15-20 mnt aja dgn kontraksi yg rasanya hampir ga ada jeda lg dan ga sanggup tarik napas dalam2.

oh iya teori mengejan jg ngga berguna... somehow 2-3x mengejan anaknya keluar, yg ada dokternya kaget.

17

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Buat aku senam hamil sangat useful!!

Yg namanya badan sakit semua, tidur ga nyaman, kembung dan segalaa macem rasanya itu berkurang, mengingat mendekati due date, badan makin ga keruan, duduk salah, tidur ga enak, bediri pun capek..

Dan manfaat senam hamil terasa banget manfaatnya pd saat bukaan, gak lagi lagi teriak kayak orang gila, bener2 atur napas inhale exhale, tenang bangett... Dan lahiran normal pun lancarr...

Itu pengalamanku anak kedua.

Waktu anak pertama, payyaaaahhh bangeeetttt.... Ga perna senam hamil sama skalii... Dan ga blajar juga pernafasan yg baiik.
Jadi bgitulaah rasanyaa :D

happy mommy, happy wivey @rarsyini

18

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Buat aku pribadi sih useful yah :) apalagi di minggu pertama yang rasanya duh mual abis. Untung suami usul biar jalan pagi. 
Entah faktor udara seger atau gimana tapi wenak tenan. 
Semoga nanti manfaatnya kerasa sampai bersalin he he :D

19

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Useful 100%! kayak iklan yeh, tapi beneran loh, mual aku berkurang dan dada nggak 'ngos-ngosan' gitu. Tapi dasarnya aku emang suka olahraga sih, otodidak juga. 


---- edited by mods---------

20

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

yes to senam hamil :)
soalnya kerasa manfaatnya. aktivitas fisik saat hamil harus tetap ada. kalau sebelumnya sudah rutin beraktivitas fisik, oke banget... senam hamil membantu mama-mama yang sedang hamil untuk tetap fit.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

21

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

kalo bisa senam hamil sih mending senam hamil deh, gw yakin berguna banget. Kalo gw emang ga sempet senam hamil jadi ga ngerasain, tapi yakin pasti manfaatnya sangat bagus.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

22

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Aku hamil 3 anak kemarin belom pernah senam hamil sama sekali.
Mikirnya gerakannya slow banget, sebenernya iya gak sih?

Kalo yoga gitu masih mau sih. :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

23

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

anak pertama senam hamil, enak buat punggung, pinggang dan ngurangi bengkak di kaki. napas lbh okelah ya.
anak kedua baru daftar keburu brojol, pas lahiran lupa semua cara napas, nahan dan ngeden. hahaha.
anak ke3 ngga boleh senam krn plasenta previa parsial, cmn boleh stretching2 aja.
anak ke4, senam hamil pakai prenatal yoga liat di yutube dan rajin pelvic rock pakai gym ball. pas lahiran mayan sih, nahan sakit, kapan ngeden dan sekuat apa cukup lancar walaupun anaknya gedaai.


kesimpulannya, kl diijinkan, senam aja, minimal buat belajar napas dan ketemu ibu hamil lain.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

24

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

Mba Miaaa kok aku ngakak sih bagian baru daftar udah brojol. Keduluan dong ya.. Hahaha...

Yep setuju kalau emang boleh sih gpp biar sehat dan punya banyak temen

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

25

Topic: Senam Hamil: Useful or Useless?

kalau dari sebelum hamil sudah olahraga, olahraga yang kurang lebih sama cukup aman ya mom. tapi kalau nggak biasa olahraga, pastiin ke dokternya olahraga apa yang cocok dan kapan janin siap diajak olahraga.