1

Topic: To Eat Or Not To Eat

deket-deket lahiran ini banyak yang bilang terutama di bandung ya, jangan makan dorokdok (kerupuk kulit), tutut, salak, sama es. tapi bukan masalah juga buat aku kalo gak makan itu hehe :)
pada dasarnya sih makan apapun boleh asal sehat dan tidak berlebihan. tapi kalo aku pribadi menghindari MSG dan yang instant2,,

2

Topic: To Eat Or Not To Eat

Halo @Mama Kinar waktu aku hamil 4 bulan makan nanas gapapa tuh. Padahal kata ortu dan dokter ga boleh. Tapi emang lagi kepingin banget sih jadinya aku makan aja. Hehehe. Dan Alhamdulillahnya ga ada pengaruh apa2 ke adek bayinya. :D

a full time wife and part time of everything else. mom to be. preschool teacher.

@belletita91

3

Topic: To Eat Or Not To Eat

Kalau aku gak salah, nanas dan pepaya muda tidak boleh dimakan ibu yang hamil muda karena mengandung enzim yang berbahaya bagi janin. Analoginya gini loh mom, kalau mau masak daging, biar cepet empuk, orang tua dulu suka tambahin buah muda ini atau daging dibungkus dengan daun pepaya.

I am a mother, apotheker, and editor

4

Topic: To Eat Or Not To Eat

Lagi ngomongin nanas yah.. Dulu waktu hamil tua dan udah bosen banget hamil aku sempet hampir tiap hari makan nanas..karena ada yg bilang nanas bisa jadi induksi alami, tapi ga ngefek apa2 sih di aku..babyku tetep lahir sesuai EDDnya. Mungkin efek setiap orang lain2 yah, tapi dokter kandunganku dulu sih ga ngelarang makan apa2 selain alkohol.

5

Topic: To Eat Or Not To Eat

aku yang dilarang banget sari kedelai, duren, dan mie instant. sari kedelai kan konon ada beberapa penelitian yg bilang kalau dapat mempengaruhi estrogen, suamiku kuatir kalo baby kita cowok jadi aku bener-bener gak pernah minum dari awal. better safe than sorry soal ini. tapi mie instant pernah nekat coba2, ehh malah sakit tenggorokan parah euyy...udah ngurangin bumbu MSGnya padahal, sebelom hamil ga pernah sakit lo :(
sisanya sih aku tetap makan dengan bebas. nanas dan nangka tetep icip2 in moderation dan gak ada masalah. sushi/sashimi kebetulan emang ga doyan hehe

6

Topic: To Eat Or Not To Eat

1. better safe than sorry
aturan pertama. kita ga tau sudah berapa banyak penelitian atau asal omong saja. mitos atau ilmiah. tapi sebaiknya dihindari deh yg tidak dianjurkan.

sashimi atau yg setengah mentah... kali aja ada yg lagi sial, akhirnya makan yg lagi tidak bersih, ada bakteri di dalam. hiiyy!

santan, gorengan... untuk mengurangi rasa mual.

durian... panas dalam(?)

mi instant... bahan2 kimia yg tidak aman bagi tubuh jika banyak dikonsumsi, hamil ataupun tidak hamil.


2. in moderation
namanya ngidam, apa boleh buat. kasih makan saja. saya lihat2 sih, biasanya ibu asal cicip saja. 1-2 sendok/potong, sudah cukup. ngidam hilang, makanan malah tersisa.


saya punya teman yg ga suka dinasehatin tentang pantangan2 gini. katanya semua MITOS! well... anak pertama sehat dan pintar. anak kedua dirawat di ICU sejak lahir hingga umur 2 tahun. mana yg mempengaruhi apa?

7

Topic: To Eat Or Not To Eat

Aku gak makan hati selama hamil karena kandungan vit.A yang berlebihan bisa berbahaya untuk janin. Selain itu untuk ikan-ikanan, aku ekstra hati-hati periksa di perairan mana dia ditangkap. Ada sejumlah perairan yang tercemar logam berat berbahaya. Saat makan daging aku juga memastikan betul-betul matang. Untuk buah-buahan sama sekali tidak ada pantangan, aku makan nanas di UK 37w. Palingan pas UK 31w, aku mulai mengurangi asupan karbo dan gula untuk meminimalisir resiko diabetes gestasional.

8

Topic: To Eat Or Not To Eat

Kebetulan aku selama ini dikasih pantangan cuma 1 sama dokter disini, gak boleh makan daging (ikan, ayam, sapi) yang mentah harus well-cooked. Dengan alasan zat2 yang ada dlm daging mentah masih bs di urai oleh tubuh manusia dewasa tapi tidak pada janin. walaupun kepengen banget makan sushi tp ditahan demi baby nya.

9

Topic: To Eat Or Not To Eat

Hi moms...kalo aku dulu pas blm tau kalo udah hamil liburan ke jogja trus kalap makan tengkleng+sate kambing sampe 3 porsi..pas balik ke rumah check ke dokter taunya udah hamil..untungnya gak knapa2 sekarang uk 24 weeks..obgynku jg seru sih gak pernah nakut2in...katanya yg penting mateng plus jangan berlebihan..jadi tenang deh...hihi semoga sehat terus amiiin :)

10

Topic: To Eat Or Not To Eat

Hai mom, kalo makan di resto semacam hanamasa yg masak2 sendiri gitu boleh gaa? Pengeeen :p

bubunya ahza
www.ibujerapah.com

11

Topic: To Eat Or Not To Eat

To eat: makanan yang bergizi,pasti matang, dan higienis ya moms,vitamin untuk bumil,susu kedelai
Not eat: nanas+pepaya muda (bikin kontraksi), makanan setengah matang (takutnya masih ada bakteri), daun singkong+nangka (kata dokter kandungan bikin kontraksi,dikitt boleh kali ya?tapi aku tdk berani coba),durian (hmmm ... Amannya klo dah kehamilan 6bln keatas kali ya???kalau aku tdk berani cuma maem ice cream rasa durian ok-lah),makanan serba instant/mengandung MSG yg tinggi (sebisa mungkin dikurangi,demi si baby biar pinterrr hehehehehe), bakar2x an (No No No), Tape (sejenis ketan hijau yg difermentasikan-->klo tdk salah),kopi juga nggak.
Maklum kehamilan kedua banyak pantangan dijaga banget ma suami karena yg pertama keguguran. Tidak mau menyesal kedua kalinya semua demi si baby SEMANGAATTT!!!

12

Topic: To Eat Or Not To Eat

dessycie, menurut gw gak apa2 kok ke Hanamasa, tapi dimasak bener2 yah, yang mateng, dan jangan juga sampe gosong dan ada areng2nya gitu. Kalo ada yang gosong dan dibakarannya ada sisa areng2nya, bersihin dulu, ato panggil waitress utk bersihin dan kasih minyak baru.

Gw juga suka banget Hanamasa pas hamil kok, terutama sih rebus2an sayurnya ;).

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

13

Topic: To Eat Or Not To Eat

yupsss catat tips nya bunda Zata sangat membantu moms.
Enjoy selama hamil dan jangan banyak beban pikiran yg aneh2x,klo terlanjur tidak sengaja makan pas kecampuran nanas waktu makan es Buah(pengalaman pribadi Hihihihi). Jangan keburu panik,tapi jika khawatir ke dokter kandungan gpp.

14

Topic: To Eat Or Not To Eat

ZataLigouw wrote:
dessycie, menurut gw gak apa2 kok ke Hanamasa, tapi dimasak bener2 yah, yang mateng, dan jangan juga sampe gosong dan ada areng2nya gitu. Kalo ada yang gosong dan dibakarannya ada sisa areng2nya, bersihin dulu, ato panggil waitress utk bersihin dan kasih minyak baru.

Gw juga suka banget Hanamasa pas hamil kok, terutama sih rebus2an sayurnya ;).


Sama..Kemarin pas 16 wk apa ya *lupa* makan di hanamasa, tp gak pake bakar-bakaran. Sayang keburu eungap. Biasanya lebih rakus dari itu :D

15

Topic: To Eat Or Not To Eat

yang jelas jangan terlalu berlebihan ya coz ga baik juga buat calon baby :D

16

Topic: To Eat Or Not To Eat

kalau minum susu anmum itu emang bener baik untuk kandungan?

17

Topic: To Eat Or Not To Eat

Di kehamilan pertama saya hampir 2 tahun lalu, kayanya konsumsi yang betul-betul saya jaga hanya trimester pertama. Trimester kedua nyicip sashimi sekali haha... saat itu cukup PD karena makannya di sebuah ryokan yang cukup oke dan nanya langsung ke obaachan yang ngeladeninnya. Katanya daijoubu (it's all right). Sempat juga beberapa kali makan bakar-bakaran, duren, dan nanas. Hobby malah nyemilin Chitato. Pernah baca di penelitian Harvard, MSG biasanya tidak berefek negatif kalau orangnya memang sudah terbiasa mengonsumsinya (tentunya dalam jumlah tidak berlebihan). Yang sama sekali saya hindari hanya soft cheese, raw egg, alkohol. Yah selain Chitato, saya menghindari produk snack dan makanan instan dan pabrikan karena kuatir pengawetnya.
Sebetulnya balik lagi ke kenyamanan ibu hamilnya sendiri ya, kalau waswas ya mending jangan makan.

18

Topic: To Eat Or Not To Eat

Waktu hamil kemarin, aku dokter bilang ga boleh makan makanan yg mentah, jadi menghindari salad, mayones, sushi2an gtu. Pas bulan ke-4, keliatan ada kontraksi karena saya suka minum susu kacang *ngarep supaya anaknya putih*, setelah itu stop makan susu kedelai & tahu. Makanan instan & minuman bersoda juga stop.

19

Topic: To Eat Or Not To Eat

Sebenarnya ibu hamill gak papa makan makanan mentah. Masalahnya kita gak pernah tahu seberapa bersih makanan mentah itu. FYI, saat hamil anak pertama di Jepang gak ada larangan apapun dari dokter, tapi wajar sih gak ada larangan kayak gini. Kebersihan makanan di sana patut diacungi jempol, bahkan itu juga untuk persiapan sushi.

20

Topic: To Eat Or Not To Eat

Yah,bahasannya udah abus yaaaa
Kenalin mamas aku anggota baru nih,penasaran pngn nanya,sejak hamil 30w jd suka bgt makan beras mentah smp skrg 37w.bahayakah?

21

Topic: To Eat Or Not To Eat

Hi salam kenal sy juga baru. @hasna serius u makan beras mentah jd keras2 gt dimakan?

22

Topic: To Eat Or Not To Eat

ikutan nanya dong moms..

kalau makan steak tepung crispy yg di waroe** stea* itu menurut mom gmn?
kayaknya sih mateng sempurna ya kalau yg steak tepung itu,
karena dia kan digoreng kayak fried chicken gitu kali ya?

23

Topic: To Eat Or Not To Eat

@alanis31 iya, kalau tepung steak biasa dah matang dan digoreng. Justru yang sering ditanya "raw, medium, well done" karena dipanggang itu yang kurang dianjurkan. Meskipun itu makanan favoritku, tetapi selama 9 bulan aku puasa.

Pantangan makanan ibu hamil itu banyak sih. Tidak mentah atau setengah mentah, lemak, gula, instant.. apalagi kalau dah usia 30-an ke atas... Tambah banyak pantangannya. T_T

24

Topic: To Eat Or Not To Eat

sebenarnya makan apa aja gpp kok moms, yang penting kebersihan dan yang pasti matang sempurna. jangan lupa juga makanan yang pantangan dari masa hamil jangan nekat dimakan. apalagi karena kondisi setipa mom berbeda selama hamil, pastikan juga makanan-makanan yang mendadak jadi alergi di tubuh. dulu konsultasi k dokter dulu ya jadi tahu kalau kondisi berubah dan beberapa makanan justru bikin alergi selama masa hamil. dokternya kasih penjelasannya bagus dan informatif, jadi aku kebantu banget di masa hamil.