1

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Need help banget. Sebelum melahirkan gw tinggal di apartemen di seputaran kalibata. Selama masa melahirkan ini gw numpang di rumah mama di jogja. Sekarang lagi bingung banget, gimana kalo nanti udah balik ke apartemen. Cucian segunung sementara tempat menjemur tidak ada. Belum kalo afia nangis kenceng, gw takut ditegor tetangga unit. Shariiing dooong mamas yang punya baby dan tinggal di apartemen,gimana cara mensiasatinya.

--bocahangkot.blogspot.com--

2

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

sy salah satu yg pny bayi dan tinggal d apt daerah kebagusan..
kebingungan jg sempet hinggap d pikiran sy..tapi pas udh dijalanin ya..dinikmatin aja..hehe
mslh cucian dan jemuran..sy usahakan nyuci tiap hari biar ga segunung pas jemurnya..baju2 mama papa nya klo udh banyak n numpuk ya ada laundry kiloan..
kalo masalah nangis,alhamdulillah tetangga pada pengertian..jd kalo ketemu di lift ato lg keluar trus papasan sy basa basi "maaf yaa kalau nangisnya prue suka bikin ribut" (dgn senyum manis nya Prue :D )
yg agak repot klo Prue udh bosen di unit..hrs rajin bolak balik atas bwh cmn buat liat yg ijo2..
semoga berguna yaaa...

3

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

hallo mama's aku salah satu punya bayi dan tinggal di apartemen,di daerah kelapa gading, bener banget kata naqiut baju mama papanya di laundry kiloan aja, kalo baju babynya di cuci sendiri :)
terus kalo soal baby nangis" gitu pasti tetangga" unit ngerti ko, kalo ga enak pas babynya nangis kita kekamar dan tutup pintu,,lumayan ngeredam suara tangisnya ko,,
nah kalo soal babynya bosen kan ada lobby ada taman bermain anak juga tuh dan pasti banyak temen" yang puya baby,, main" aja dibawah atau jalan" di sekitaran koridor,, :)) have baby and stay in aprtmn no probs mom as long as stay together with our baby :))

4

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Sama nih. Pas lahiran saya tinggal. Rumah mertua sampe sekitaran 6bln. Baru balik sg. Soal cucian sih ga banyak2 amat kalo myuci tiap hari. Krn d rumah mertua jg saya pake jemuran lipat yg kecil itu. So far so good, muat2 aja. Malahan bisa di alter hari ini cuci baju baby, besok cuci clodi ganti2an.
Pas uda balik sg n tinggal di apartemen malah nyucinya 3 hari sekali. Muat aja kok jemurannya. Klo sebangsa clodi saya cuci mlm2 n jemur d kamar krn pke ac cpt kering. Klo jemr d luar 2 hari baru bener2 kering krn unit kita pas ga kena sinar matahari bagian jemurannya huhu

Soal baby bosen juga bs d akalin dengan bawa dia jjs ke void deck bawah atau muter2 ke mini market bawah. Banyak aunty2 yg bawa cucunya ngiter2 juga. Terutama sore2 jd ga bakal bosen dia.

Klo nangis juga tinggal tutup pintu n jendela. Langsung ga gt kedengeran kok. Tp ga tau yg klo apartemen di indo yg tetangga ngobrol biasa aj bs kedengeran ke sebelahnya.
Tp biasa pada ngerti kok. Kan namanya bayi pasti ada nangisnya. Bukannya kita sengaja bikin nangis kan.

Tinggal d apartemen lebih enak rasanya. Ga banyak yg perlu d beresin n bersihin hehehe trus klo mau cari temen tinggal main2 ke bawah.

5

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Hallo mommas.. Sy tdk tggal d apartment. Cm pernah tinggal d apartment dg tetangga yg punya 2 babiess;) kl sy sbg tetangga sgt maklum dg kondisi tangisan bayi2ny, namanya jg masih kecil yh. Smuanya akan lebih baik lg kl kita saling ramah tamah dg tetanggany, djamin ampuh deh tetangganya jd lebih pengertian ;p dtutup pintu dan jendela jg aj kl lg nangis. Kl sudah ribet, yuk dbawa turun krn baby kan ad bosannya. kl masalah cucian, d apartment muat2 aj sprtiny. Lebih baik tiap hari jd ga numpuk dan ga bakal lama babynya dtinggal nyuci. Tp emg lebih praktis d dobby kiloan aj. Skalian bawa baby jalan2 pas ngambil laundry-nya, hehe

6

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Alhamdulillah smpi sekarang bisa bertahan hidup di apartemen dengan baby. baju sesuai saran naqiut gw usahain cuci tiap hari sepulang kantor,baju gw dan suami gw masukin laundry kiloan. tetangga juga alhamdulillah smpi sekarang engga ada yg protes, malah semenjak punya baby malah jadi punya banyak kenalan sesama yang lagi punya baby.

--bocahangkot.blogspot.com--

7

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Aku juga tinggal di apartemen.
Berhubung di sini banyak jg yang punya bayi (walaupun ga tetanggaan - beda lantai) tapi para tetangga mengerti koq untuk suara tangisan bayi.
untuk cucian, klo dah menggunung banget aku biasanya pake laundry kiloan :D tp klo masih bisa dicuci sendiri y aku cuci sendiri (aku ga pake mesin cuci loch, jadi klo musim hujan gini ya kudu tiap hr nyuci dech biar ga numpuk)
tapi klo perlengkapan bayi aku cuci sendiri semua, karena lebih yakin bersih aja klo cuci sendiri dan klo pake laundry gitu kan pake pewangi, jadi ga baik untuk bayi.

8

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

sama nih pengalamannya :) kl saya, baju papa-mama di laundry kiloan, terus baju baby cuci sendiri, abis itu mau ga mau tiap hari baby dipakein pampers, biar cucian ga terlalu menggunung, pengalaman pas pake popok, ga keburu nyuci dan tempat jemurnya ga cukup soalnya :) untuk si kecil kulitnya ga sensitif, pake pampers tiap hari juga dia ga iritasi kulitnya :)

9

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

kalo di apartemen salah satu kendala emang jemuran yaa, dulu pas di kalibata balkonnya bener2 kecil banget, sekarang pindah ke kelapa gading masih lumayan balkonnya buat jemur. Jemur baju bayi pake jemuran bulat aja (aku nyebutnya komedi putar :p) jadi tinggal gantungin dan ga terlalu makan space. Efek tinggal di apartemen sih anakku jadi ga terlalu akrab liat binatang kayak kucing, ayam, cicak. Jadinya pas pulang ke rumah ortu kemaren dia seneng banget liat cicak. Bahkan daun jatuh di jalanan aja dia pungutin saking herannya ga pernah liat di apartemen :)

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

10

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

osi, santai aja.. tetangga akan maklum kalo dengar tangisan bayi. aku juga tinggal di apato hampir 6bulan dan pernah sekali kena protes tetangga bule di bawah. hihihi.. well,emang salah sih karna pas weekend kami pagi2 tetep udah gedubrakan beraktifitas while mereka masih hangover. tapi klo soal tangisan anak, tetangga2 maklum ko.
soal cucian aku juga santai. kalo sempat nyuci sendiri, kalo ga ya mengandalkan laundromat. jemur2 di balkon, pasang tali di talang air (jangan ditiru ya..).
meski masih fase adaptasi pindah ke apato sempit karna sejak lahir tinggal di landed house, tapi Shafa cepat beradaptasi. smua area di apato dimanfaatkan. aku buatkan pojok bermain tapi kalo aktivitas fisik ga dibatasi. minimal seminggu sekali diajak ke taman dan hampir 3hari sekali berenang dan main di playground bawah apato. meski ga selalu ketemu teman sebaya di apato (aku belum masukkan dia ke PG) tapi perkembangan sosialnya bagus (dilihat dari interaksi dg teman di taman). sekian sharingku. HTH

11

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Halloo.. Sama nih, aku juga ibu apartemen tangga. Hehe..
Untuk baju2 mama papanya aku juga laundry ke laundromat yang ada di apartemen aja, baju2 baby baru dicuci sendiri.. Jemurnya di balkon pake jemuran muter.
Tapi aku punya pengalaman buruk. Baju baby ku yang lagi dijemur terbang gara2 angin lagi gede waktu itu, dan ini udah 3 kali keulang. Yang paling bikin sedih, yang terbang itu bsju2 bagusnya babyku.. Huhu.
Salahnya ART ku sih, dia nggak jepit baju2 yang dijemur itu. Sekarang tiap abis jemur aku pasti cek apa udah bener2 dijepit apa belum.

Selama aku tinggal di apartemen itu aja sih pengalaman yang nggak bagusnya. Selebihnya, so gar do good. Hehe.. :D

12

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Wahh seneng bgt ada thread ini.
Aku baru pindah ke apartemen. Gio (2 tahun) cukup hepi dengan fasilitasnya. Krn emg apart ini kids friendly. Dan depan lobiku kebetulan matahari bagus bgt kalo pagi jd sering bejemur dan jalan sambil cari sarapan disitu. Tapi kalo di dalam unit gampan bosen. Krn emg anakku lg aktif2nya. Udh beli byk mainan tp tetep gampang bosen dan seringnya jd minta renang terus. Apalagi kan kalo di unit itu ruang gerak lebih terrbatas krn space lebih kecil dari rumah orgtuaku di tmpt yang sebelumnya kami tinggali. Mainan apa yaa moms yg cocok buat anak aktif supaya anteng??

13

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

aku ini lebih banyak tinggal di apartemen daripada di rumah. tipsnya sih yang pasti anak-anak harus sering-sering dibawa keluar apartemen, uhmm ngga sering juga sih maksudnya sekalinya main di playground ya nikmati aja beberapa jam... mau berenang atau main di playground. jadi bikin jadwal khusus aja misalnya pagi jam berapa... sore jam berapa... 

rata-rata anak2 seneng main air yaaa... jadi puas-puasin lah main di kolam renang :) 
mama-nya either bisa nemenin atau duduk cantik tapi tetep harus ngawasin terutama kalau anak belum bisa berenang. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

14

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Aku tinggal di apartemen sejak hamil 4 bulan hingga sekarang anak aku sudah usia 8 bulan. Apartemen rusunami sih, ukuran unit 36m2 dengan 2BR. Jadi, harus pinter-pinter siasatin beli barang-barang keperluan bayi yang nggak menuhin apartemen. Kami gak beli baby box dan stroller yang besar, anak tidur bersama kami dan kemana2 pakai gendongan/baby carrier. Baru-baru ini aja punya stroller Pockit yang bisa dilipat kecil dan mudah disimpan hehehe.

Anak didalam unit emang cepet bosen yaa.. biasanya aku ajak ke lorong dari ujung ke ujung atau lihat jendela (pastikan aman ya bun jendelanya :p). Tiap pagi setelah ayahnya berangkat kerja dan sore si anak aku ajak ke bawah atau ke kolam renang, biar ketemu orang-orang, sekalian bersosialisasi sama penghuni unit yang lainnya :)

15

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Rosiana, selama 9 tahun nikah, merantau (tanpa art, pastinya) & sejak anak kami lahir, kami tinggalnya di apartemen. Kalau boleh sharing sedikit tips:

-di Indo kan enak yah ada laundry kiloan. cucian bisa masuk ke laundry kiloan, terutama yang berat2 spt seprai, selimut, handuk. Kalau baju2 bayi, masih kucuci sendiri tapi ngeringinnya gampang sih ya, kecil2 begitu cepat kering. Bisa disiasati dg pasang dehumidifier di ruang tempat jemur baju (kalau saya hanya pasang dehumidifier pas jemur baju. plus, dehumidifier lebih murah daripada tumble dryer).
- berdamai dengan kenyataan kalau ternyata pakai pospak lebih efisien daripada pakai clodi, hihi. minimal ngurangin cucian lah ya. Capek banget kalau maksain harus full clodi, jujur.
-soal bayi nangis kencang, nah ini... anakku nangisnya stereo bener. Pada akhirnya biar nggak nangis, sore2 suka dibawa jalan2 keluar. suka kita bawa di stroller, atau pakai baby carrier. Bosen ternyata dia kalau di rumah aja. Kalau anaknya udah gedean, diajak main di playground apartemen atau main air di kolam apartemen juga bagus, tapi harus selalu diawasi.
-Nah kalo anaknya nangis kenceng di ungodly hours kayak tengah malam, itu pernah kejadian sih... biasanya pas lagi gak enak badan. Yah kami sih cuma bisa ngebatin "this too shall pass". Kalo udah begitu, kami pasrah aja deh... dan pake noise cancelling headphone biar kuat semalaman ngangon anakku yang waktu itu nangisnya masih stereo, hihi
-oh sama satu lagi, aku masih ingat bgt: semasa tinggal di apartemen, aku nyaris nggak pernah masak sampai anakku umur 3 tahun. Maksudnya, makanan beli di warung aja atau makan yg gampang2 kayak minum susu, jus, dan makan roti isi sarden, salmon atau buah. Kalau masak, palingan masak pasta atau sayur & daging kukus buat mpasi anakku. Atau masak2 hidangan Indonesia kalau lagi pas kangen aja. Baru setelah anakku masuk daycare aku mulai bisa santai masak2 kembali hidangan 4 sehat 5 sempurna kembali terhidang di meja makan, hehe. 
-Kalau mau punya stroller, pakai yang ringkas mudah dilipat/dibuka & gak makan tempat pas disimpan di apartemen.
-Trus, consider babyproofing seisi rumah sedari awal, biar aman buat si kecil. Meminimalisir pajangan pecah-belah, pintu2 rak/lemari/laci kursi dan meja diganjal biar jari anak gak kejepit pas dia belajar merambat, siapin high chair yg ada strapnya, bak mandi anak yang shallow biar aman gak bahaya tenggelam, sama kalau ada pintu balkon selalu ditutup rapat jangan sampe si anak nanti bisa buka sendiri. Dan sebisa mungkin pakai rak/laci yang benar2 kokoh & nggak menumpuk barang/boks penyimpanan yang nanti gampang dipanjat si kecil & bisa jatuh menimpanya. Ini serem beneran loh.

Hmmm apa lagi yah... mungkin itu aja sih :D ada tambahan lagi gak, mama2?

16

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

aini,
waaah aini luar biasa deh tipsnya lengkap! tanggung ai... coba jadiin artikel aja :) 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

baruu mau di todong.. eh udah ada teh ninit yg mintain artikel :p hahaha...

ayo mba aiii..

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

18

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

setujuuu!!!

ayooo aini bikin artikelnya yaaa biar bisa bermanfaat buat semuanya hehe

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

19

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Wahh mba aini mksi share nyaa..

Klo boleh tau dehumidifier ny merk apa n brpan mb? Maap ya klo nanya oot..

20

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

mbak, boleh share apakah perlu pengaman space balkon seperti net gitu? trims

21

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

fadillah putri,
pernah liat iklan di apartemenku, namanya mr safety net. coba googling aja... itu bagus deh, ga "menghalangi" pandangan karena "pagar"nya kecil-kecil. tapi kalo harganya berapa, aku ngga tahu karena aku sendiri ngga pakai. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

@rosiana

Thanks banget loh bunda untuk tips nya... Sekarang dah laundry kiloan ya, jadi pakaian aku dan suami bisa dimasukkan ke sana sementara baju baby cuci sendiri. Aku juga setuju dengan popok sekali pakai sih, karena sangat membantu untuk buang-buang sampah.

Sejauh ini karena tetanggaku cukup pengertian, mereka tidak komplen ketika anakku nangis. tetapi aku juga usahakan pasang peredam suara.

23

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

kartikachan,
peredam suara di seluruh ruangan kah?
kayak yang dipakai di ruangan studio gitu? belinya di mana sih?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

24

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

Mba fadillah kalau punya anak kecil yang hobi kesana kemari kayaknya perlu deh pasang balcon net. Anak aku umur 1 tahun baru belajar jalan dan kemarin udah hampir  ke balkon sendiri, merinding liatnya huhuhu. Besok mau coba kontak mr safety net yang dibilang teh ninit itu ah...

25

Topic: Tips Untuk Tinggal Di Apartemen Bersama Bayi

mirip kayak tante saya nih, dia juga punya bayi terus dibawa ke apartemen. Mungkin kalo bayi harus terus-terusan ditenangin kali ya, jangan sampe kit a ganggu jam tidur dia. Trus pastikan keadaan apartemen bersih dan terawat soalnya bayi kan sensitif banget. Kasih pewangi ruangan juga jangan yang menusuk banget, kasih aroma yang wangi natural aja kaya wangi bunga lavender gitu tapi yang soft.