1

Topic: Bayi Kuning

Moms...mau nanya kalo baby sampe umurnya 3 minggu masi kuning gitu nggak papa kah? Ketauan agak kuning pas umurnya seminggu...
Udah dijemur tiap pagi tp kok masi agak semu2 kuning gitu ya..emang sih gak selalu keliatan kuning cm kadang keliatan agak kuning (gimana ya jelasinnya) kuningnya sih gak bertambah malah cenderung berkurang, babynya aktif bgt, mimiknya kenceng, pupnya warna kuning+baknya >6x
normal kah itu moms? Masih new mom nih jd masi suka panikan babynya kenapa2....
thank youuu

2

Topic: Bayi Kuning

Mom Vidyas,golongan darah debay nya apa mom?

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

3

Topic: Bayi Kuning

Belum di check sih mom ayonohime...
jadwal ke dsa nya pas umur sebulan nanti tanggal 1 juli.kebetulan aku sama suami sama2 A gol darahnya. Nggak papa kah itu mom?

4

Topic: Bayi Kuning

Eh salah bukan 1 julu tapi tanggal 7 juli hehehe *emakemakerror*

5

Topic: Bayi Kuning

Mom vidya kebetulan babyku juga prolonged icterus. Umur 13 hari diopnane selama 5 hari karena bilirubin totalnya 12.7 .. matanya kuning banget. Pas pulang bilirubin totalnya 8.9 selang 10 hari kontrol bilirubin totalnya 8.7 tapi bilirubin directnya 3. Dokter susp anakku kolestasis. Makanya disuruh cek torch, fungsi hati, dgn cek hepatitis hasilnya negatif kecuali igg citomegalo virus dan igg rubella positif. Anakku kuning sampe sekitar 35 hari, setelah minum obat dari dokter alhamdulillah anakku sekarang sdh ga kuning lagi. Terakhir bilirubin totalnya udah 5. Golongan darah anakku beda sm aku, dia b aku o plus dia asix jadi klo mom vidyas khawatir lebih baik cek aja ke dokter walaupun belum jadwal kontrol biar ketahuan berapa nilai bilirubinnya.

6

Topic: Bayi Kuning

Mom ameliadian..thanks masukannya mom...mau cb check sebelum jadwal kontrol deh..semoga babynya nggak kenapa2..babyku jg asix sih

7

Topic: Bayi Kuning

Dear All Bunda,

Alhamdulilah sy menemukan forum ini.
Mohon saran, masukan dan bantuan informasi untuk anak saya.
Anak saya yang ke dua cowok, Reza lahir di Kudus, Jateng, 29 Desember 2013, setelah 4 hari terlihat kuning, dicek bilirubinnya 17 (indirek) kemudian disinar 2x24 jam.
Setelh itu builirubin menjadi 9 akhirnya boleh pulang.
5 hari di rumah kok terlihat kuning lagi, ditest bilirubin 21, akhirnya fototerapi lagi, 3x24 jam, hasilnya bilirubin menjadi 10, blh pulang.
seminggu dirumah, kuning lagi dicek bilirubinnya 20, harus terapi lagi 3x24 jam, hasilnya 11, boleh plg.
Seminggu di rumah, kuning lagi, nangis yg bs saya lakukan.
Kami memutuskan ke DSA di Semarang, dicek TORCH, ternyata kena rubela dan CMV tetapi konsentrasinya cm kecil dan di rawat 8 hari di RS, bilirubin 11, boleh plg.
Rekor tertinggi bilirubin sampai 36 diusia 7 bulan.
Kami hanya bisa pasrash dan berdoa, total sdh 7 kali opname di RS.
Rekor bilirubin adalah 36(indirek), waktu usia 7 bulanan.
Sekarang usia anaka saya 8 bulan 20 hari, seminggu yang lalu dicek bilirubinnya 27, sekarang ditreatment bluelight di rumah setiap malam.
Karena sampai sekarang DSA belum menemukan penyebab kuning anak saya.
Catatan :
1. Anak sya perkembangan normal, lahir 2,9 kg sekarang sdh 9,1 kg (termasuk gemuk)
2. Aktif sekali
3. Sekarang sdh bisa merambat di dinding/kursi/ pegangan yang lain
4. Gigi atas sdh tumbuh 4, bawah 2
5. Makan normal, cenderung banyak

Sampai skrg DSA belum menemukan penyebab kuning anak saya, mata dan kulit terlihat kuning sekali, karena bilirubin indirek masih 27.

Mohon bantuan saran dan apapun dari bunda sekalian, kalau pernah denger kasus seperti anak saya, karena saya sampai sekarnag masih cemas, dan bingung, apa yang selanjutnya akan kami lakukan, karena DSA pun ga ngasih obat, cm menunggu sj katanya sampai fungsi hati dan liver bener2 sempurna.

Terimakasih,
Ratna.

8

Topic: Bayi Kuning

Mom Ratna,
apa sudah coba tes fungsi hati? Mungkin bisa didiskusikan dengan DSA yg ahli dalam pencernaan bayi.

Minum / BAB sehari2 nya bagaimana?

Kalo gak salah kuning pada bayi erat dengan fungsi hati deh, bayi yang baru lahir biasanya terkena kuning krn fungsi hati belun maksimal, thats why disarankan banyak minum agar kotorannya terbawa / keluar lewat urine.

atau...

Gol darah bayi yg tidak sama dengan Ibu namun ujungnya tetap saja apabila si bayi minum banyak seharusnya akan baik2 saja. CMIIW ya...

My baby terkena kuning setelah 2 minggu pulang dari RS waktu itu faktor utamanya adalah gagal breastfeeding, Puji Tuhan setelah di sinar 2x24 jam di RS pulang sudah normal.

Mommy-nya Arcello

9

Topic: Bayi Kuning

Mom Ratna, gmn kbr baby Reza ?
dulu anak pertama saya juga pernah kuning, tp setelah di tes fungsi hatinya normal. memang untuk tes TORCH belum sempat dilakukan sih.. tapi penyebab kuningnya karena sel darah putihnya banyak yang pecah. *Hikkss...
coba dilakukan tes darah secara menyeluruh, termasuk kultur darah. biasanya dari situ bisa ketahuan, apa dalam aliran darah ada infeksi bakteri.
usia Baby ku wkt itu masih blum genap sebulan.
smoga baby reza sehat2 y..

10

Topic: Bayi Kuning

Mommy2.. Anakku umur 10 minggu (hampir 3 bulan) masih terlihat kuning..
Dulu waktu dia umur 2 minggu udh pernah disinar krn bilirubinnya 13, kemudian pulang dgn bilirubin 10. Pas umur 6 minggu msh terlihat kuning, cek bili lg ternyata 11 jd ga perlu disinar. Kata dokter sih anakku kuning krn asi eksklusif, jd ga perlu diapa2in.
Tp aku kok khawatir y mommy... Menginjak usiamya yg mau 3 bln dia msh terlihat kuning, walau bola matanya udh putih jernih..wajah sm badannya msh gelap krn kuning.
Kalo sampe umur lebih dari 3 bln msh kuning gmn y mommy2 ? Apa ada yg punya pengalaman serupa...

11

Topic: Bayi Kuning

Sharing aj mom,
anak pertama sy dulu lahir 27 Juli 2007 (8thn lalu) dgn golongan darah beda dengan sy. Selama di RS kuning dan sempat disinar biru sampai bilirubin normal dan boleh pulang 4hr kemudian. Sampai rumah selalu dijemur dan s.d umur 2 bln kulit dan matanya terlihat semakin kuning kalo di bawah sinar matahari.

Kami mulai curiga dan konsul ke beberapa DSA. Saat itu HP dan internet blum secanggih sekarang utk browising2 dokter apa yang cocok. Stlh beberapa kali ganti DSA kami disarankan ketemu DSA fokus pada hepar/hati. Pertanyaan mendasar beliau adalah apa warna feses bayi ibu, kami jawab kuning kadang ada abu2nya. Dr Hanifah tsb make sure dan mau menunggu sampai anak saya pup karena ingin liat warna pupnya. Semakin deg2an kami menunggu baby hingga pup. Dan benar saat kami memperlihatkan pupnya dokter bilang musti dibiopsi untuk tahu apakah ada gangguan hati/empedu. Lemes sudah kami.

Akhirnya dlm beberapa hari berikutnya kami menemani baby utk dibiopsi (nginep 1 mlm) utk diambil jaringannya. Sebenarnya hasil baru keluar 1 mggu setelahnya, tp baru 3 hari kami mendapat telpon bahwa anak kami didiagnosis terkena atresia billier (penyumbatan saluran empedu).

Mulailah baby kami melewati pemeriksaan baik USG, konsultasi dgn bbrp DSA lagi dan kita tahu hatinya semakin membengkak. Akirnya kita diberikan pertimbangan untuk menjalani operasi Kasai segera untuk memby pass hati ke usus karena ternyata dgn penyumbatan saluran empedu tsb tidak ada cairan empedu yg turun shg feses berwarna pucat.

Dengan berat hati kami terpaksa merelakan baby kami yang berumur 3 bulan untuk dioperasi Kasai yg saat itu hanya bs dilakukan di RSCM dgn dokter bedah anak khusus. Operasi berjalan lancar walo lama sekali rasanya menunggu dan setelah operasi kami langsung berpisah tanpa ada kontak skin to skin krn wajib masuk ICU. 1 mggu di ICU blum ada perkembangan malah kami mendapat berita buruk bahwa bekas operasi di usus jebol shg harus dioperasi lg untuk menyambung. 1 mggu kemudian kejadian lagi bekas operasinya jebol..dan genap 1bln di ICU di usianya ke 4 baby kami dipanggil oleh-Nya.

Kami menyadari anak kamu telah berjuang sangat keras dan perjuangannya belum akan selesai krn sewaktu2 akan menjalani transplansi hati apabila terjadi sirosis. Saat itu yang pernah survive umur 17thn baru menjadi transplansi hati dgn biaya Milyaran. Jadi kami ikhlas melepasnya...

Memang kasus atresia billier 1 : 10.000 kejadian, namun kita perlu waspada dengan gejala2 yang ada. Kami selalu berdoa agar tidak ada baby lain yang mengalaminya...

Sehat2 terus ya mom...jangan berhenti bertanya dan mencari pengobatan yang tepat untuk kasus kuning yg dialami mom semua..

12

Topic: Bayi Kuning

fiang turut berduka ya. Tfs ya.
Semoga bayi bayi di sini sehat semua ya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

13

Topic: Bayi Kuning

Hi moms, babyku skrg usianya 6 minggu. Masih kuning dgn totbil 12.12 pas cek di usia 4 minggu. Dsa curiga ada infeksi dan disuruh urinalisis dan kultur urin. Hasilnya urinalisis bagus tp kultur urin ada enterobacter jd anakku didiagnosa Infeksi saluran kemih. Kata dsa kuningnya bs jadi krn itu.

Dsa kasih antibiotik sirup dan puyer. Hari sabtu ini mau kontrol lg. Semoga kuningnya sembuh ya.. degdegan jg soalnya.

14

Topic: Bayi Kuning

Ndutism wrote:
Hi moms, babyku skrg usianya 6 minggu. Masih kuning dgn totbil 12.12 pas cek di usia 4 minggu. Dsa curiga ada infeksi dan disuruh urinalisis dan kultur urin. Hasilnya urinalisis bagus tp kultur urin ada enterobacter jd anakku didiagnosa Infeksi saluran kemih. Kata dsa kuningnya bs jadi krn itu.

Dsa kasih antibiotik sirup dan puyer. Hari sabtu ini mau kontrol lg. Semoga kuningnya sembuh ya.. degdegan jg soalnya.


Wahh..gitu y mom.. Semoga cpt sembuh babynya. Dsa ku kok ga pernah saranin cek urin baby ku ya.. Katanya tenang aja krn asi jd kuning, tp ini udh 12 minggu kuning mom..khawatir jg

15

Topic: Bayi Kuning

Ndutism semoga lekas sembuh ya bayinya.

nisii16 setau saya justru karena kuning, bayi perlu diberi ASI (koreksi saya kalau salah ya mamas).
Biasanya kalau golongan darah bayi berbeda dengan golongan darah ibu maka bayi bisa kuning. Coba saja cari 2nd opinion. Semoga bayinya cepet sembuh ya.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

16

Topic: Bayi Kuning

Dsa ku juga bilang kalau ASI kuning nya cenderung lebih lama daripada yang sufor, dulu waktu kaitlynn 1minggu juga kuning, cuma disuruh jemur tiap pagi dan kasih ASI terus aja, katanya kalau ASI eksklusif kuningnya bisa sampai 3-4 minggu, dan Puji Tuhan memang setelah 3 minggu sudah tidak kuning lagi.

nisii16
kalau memang ragu lebih baik coba cek ke dsa lain saja ma.. sekedar cari opsi lain mungkin.

ndutism
semoga cepat sembuh ya ma..

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

17

Topic: Bayi Kuning

Moms, sabtu kmrn total bilirubin anakku turun dr 12.12 jd 5.3 tp tetap tinggi krn reference nya <2 karena kata DSS umur bayi lbh dr 1 bulan, kalau kurang dr 1 bulan reference nya <12

Kultur urin diulangi lg dan baru akan ada hasilnya sabtu ini. Sementara antibiotik dihentikan dan puyer dr DSa ttp diminum.

Msh belum tenang nih mom.. krn pas baby R nangis di dahinya keliatan kuning :(

18

Topic: Bayi Kuning

Anak saya peter, lahir bulan normal dan berat badan 3kg. sewaktu lahir di puskesmas, tidak kuning. 1 minggu setelah lahir, bilirubinnya di cek 14. seharusnya 2 hari setelah melahirkan diwajibkan kontrol, akan tetapi istri tidak melakukan kontrol. setelah di sinar dan diinfus karena ada flek di paru paru selama 3 hari, diperbolehkna pulang dengan kadar bilirubin 8 dan paru paru sehat. 3 hari kemudian ketika mau di imunisasi dinyatakan oleh bidan puskesmas kuning. saya periksa ke rs, dikatakan gapapa kuningnya. banyak asi saja. akan tetapi sampai umur sekarang 1 bulan 20 hari, anak saya masih kuning dengan hasil lab:
Direct 0,63
Indirect 8.98
Total 9.61.
warna pub ijo. bab awalnya tiap hari, sekarang 2-4 hari. warna pipis putih bersih.
Katanya normal, tp dari rumah sakit lain mengatakan, kuningnya sudah terlalu lama. seharusnya bayi umur 1 bulan lebih sudah tidak kuning.
mohon tanggapan dari rekan-rekan. terima kasih.

19

Topic: Bayi Kuning

ndutism apakah bayinya sudah sembuh? 

leonardo hello urban papa, kalau dilihat dari percakapan dengan urban mama lainnya, ada yang bayinya masih kuning karena ada infeksi. Mungkin akan lebih baik kalau melakukan serangkaian tes termasuk kultur dan tes urine. Semoga bayi tidak kuning lagi ya!

untuk selengkapnya bisa baca salah satu artikel ini: http://theurbanmama.com/articles/breastfeeding-jaundice.html

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

20

Topic: Bayi Kuning

Hi mom, mau tanya.bayiku udh pas 1bulan tp masih kuning.sejak lahir BB naik 1kg, kata Dsa gpp. Tp aku khawatir. Bayi aktif dan bab warna kuning. Sehari BAB lbh dr 4x n BAK lebih dari 6x. BAK jernih.momy yg punya pengalaman share dong. Pernah cek bilirubin umur 9hari, bilirubin total 12 dan kata dsa gpp...
Sy tunggu sharingnya ya mom ... makasih smua

21

Topic: Bayi Kuning

Mom, bayiku usia 34 hari tp matanya masih kuning :( bab+bak nya normal bening,tp yg kuning cuman matanya aja, katanya gapapa tp khawatir bgt

22

Topic: Bayi Kuning

Kalau dokternya bilang nggak papa harusnya ga ada masalah ya ma.
Trus solusi dari dokter apa untuk mengurangi kuningnya?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

23

Topic: Bayi Kuning

Salam sehat bunda2 semua..
Saya mau nanya adakah bunda2 disini yang arkali fostatase bayinya tinggi?
Anak saya sempat agak kuning setelah 5hari setelah lahir, sempat di sinar 5 jam. Dan boleh pulang setelahnya, setelah 2minggu dirumah bayi mulai agak kuning lagi, sampe matanya pun kuning. Krna asi memang belum deras, akhirnya di bawa ke dsa dan kadar billirubinnya 17, dan di sinar 15jam. Dan sudah boleh pulang,
Setelah 3hari kontrol, dokter bilang agak kuning tp gapapa tinggal jemur sama kasih asi.
Tp sekarang sudah 1.5 bulan tpi masih agak keliatan kunig, kesamar sama kulitnya yang menghitam paska di sinar.
Saya bawa ke dsa lagi, katanya ngga papa. Apalagi pipisnya jg sering, pupnya 2-3hari sekali, bahkan pernah 5hari sekali tapi lata dsa gpp krna bayi full asi. Pupnya juga bagus katanya ijo cerah agak kuning. Tapi buat mastiin akhirnya di putuskan cek darah lengkap, cek golongan darah, CRP, cek arkali fostatase, gemma GP. Hasil billirubinnya 6.4, ternyata gol. Darah anak saya dan saya beda, tpi kata dsa nya gpp, tetep kasih asi aja. Nah yang bikin kaget dokternya hasil tes arkali fostatase nya tinggi, sampe 700 pdhal normalnya hanya 40an sd 100an. Akhirnya di beri obat amoxan dan vitamin. Seminggu lg suruh kontrol.
Adakah bunda2 disini yang punya pengalaman seperti itu?

24

Topic: Bayi Kuning

Mom bayi ak juga gt. Alkali fostasasenya itu tinggi sampai 900 lebih. Sekarang lahi terapi antibiotik. Gmn kondisi babynya sekarang mom? Boleh kita tukeran no wa? Ak galau sekali

25

Topic: Bayi Kuning

DM aku ya mom..

Nb : edited by mods