1

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Mamas.
Puyeng nih. Help.
Sejak beberapa waktu ini, di rumah tuh tiap weekend sepupunya Mia (umur si anak itu 7thn cowo, baru masuk sd kls1, anak dari kakaknya suamiku.) dititipin di rumahku ke neneknya. Krn satu dan lain hal yg ribet kedua ortunya gak ada di jkt n gak ngurusin anaknya lah. Jadinya nenek-neneknya yg ganti2an ngurusin.
Hari sekolah si anak stay ama neneknya yg satu lg, krn rumahnya deket ama sekolahnya, kalo weekend ditaro di rumah kami bersama eyangnya.

Pertanyaanku : gimana ngadepin anak yg bukan anak sendiri kalo tantrum n ngadat gtu yah?? Tiap kali kesini pasti ada deh keributan yg terjadi, so exhausting and annoying. Mostly krn kemauan si anak tidak diturutin. Kami kan berkonsep harus tegas sama anak, kalo NO means NO. Bad behaviour will not be tolerated.
Aku sih akhirnya lebih prefer narik Mia kabur ke kamar kalau sudah ada gelagat2 mau tantrum n mrengek2 itu, krn gak mau anakku mencontoh kakak sepupunya ini.
Kalau penyebab sih sbtulnya udah jelas lah ya, krn di rumah neneknya yg satu dengan neneknya yg disini pasti peraturannya beda, dan disana mungkin lebih diturutin segala maunya si anak.

Sbtulnya pengen bangetttt masa bodo. Lha wong orangtua-nya aja gak ngurusin. Tapi kan ya gimana juga, masa di diemin sih. Tar makin ngelunjak. Makin gede makin nyusahin kan kasian eyangnya juga. Plus it's not good for my Mia, too! Nanti sifat2 jeleknya ditiru2...
Skrg sih paling aku cuma bisa bilang ke Mia, ''kaya begitu itu gak baik ya, Mia. Ibu gak suka. Kalau Mia kan anak ibu anak pintar tidak begitu yaa...''
yang untungnya sampai sekarang masih dijawab dengan ''iyaaa....''

Gimana yah ini gimanaaahh? Gak ngerti deh...
Aku sbtulnya sangat enggan menghabiskan energiku untuk mengurus masalah anak orang lain yg gampang tantrum ini. Tapi kan begitu masuk ke rumah ini, ke tempat kami tinggal, berarti kan kalo gak dibenerin bisa merusak.

Anak ini membuang sampah sembarangan, berkata2 kasar, marah2 dan tantrum, merengek, intinya sih bikin pusing deh. Skrg sih aku cuma sanggup memastikan dia gak buang sampah sembarangan doang. ''pick it up please, buang ke tempat sampah. Sekarang. Or there will be no TV for you.''
Berhasil sih, tp ya gitu. Bikin cape. Aku jg jadi kesel krn kok aku malah cape ngurusin anak orang ya??? Akhirnya kok pas harus ngurusin anak sendiri malah jadi gak full attentionnya. Makanya aku skrg membatasi lah, cuma ngurusin urusan joroknya doang. Urusan lain2nya aku lepaskan dulu ke neneknya.

Trus emangnya wajar ya anak umur segitu masih tantrum guling2an di lantai?

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

2

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Rini,,
Bbrp hr lalu smpt ntn di tv ttg anak tantrum. Mnrt psikolog itu,ada bbrp hal yg bikin anak tantrum. Frustrasi,lelah,keinginannya tdk diturutin,emosi/energi yg berlebih dan komunikasi tdk tersampaikan.
Kmrn ada kasus anaknya umur 8th,kdg2 msh nangis2 (ga smp tantrum) kalo mnt sesuatu. Tnyt stlh diusut,anaknya emg ada mslh komunikasi. Smp umur 2.5th telat bicara jd hrs terapi. Berarti kalo di kasus ini,,krn komunikasinya.
Mnrt psikolog itu,kalo tantrum ya dibiarin aja dulu. Kalo bs ditaro di tempat yg jauh dr keramaian. Msl ditaro di kamar. Smp anak itu diem sndr dan bs diajak ngomong sm qt. Br ditanya,dia mnt apa,dll.
Mgk sepupunya Mia tantrum krn emosi yg berlebih dan keinginannya tdk diturutin. Sepupunya blm pny adik yah? Sy jg ada ponakan ceweq,umur 7th,masih anak tunggal. Dia ga tantrum tp ngambekan. Kalo main2 sm sepupunya (semua msh 2th+),trs malah rebutan main sm adik2nya itu,dan kalo dia kalah,mlh ngambek ga mau main. Yah,,adik2nya blm ngerti "ngambek",kakaknya ngambek,mrk cuek aja. Dia makin bete dan makin kesel (keliatan dr mukanya). Slm ini sih qt (tante2,om,uti,akung) sll ngebiarin dia kalo lg ngambek. Ntr pasti 'cair' jg. Dan qt jg uda menganggap dia spt org dewasa,ga ky anak kecil lg. Info aja,ibunya jg sibuk ngajar (aerobik) dan papanya kerja (shift). Kalo pulang sekolah ya dia pst di rmh uti-akung.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

3

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

rini3pujiastuti,
setuju sama natallia. kalo pas lagi tantrum guling2an sebaiknya dipindah ke tempat aman dan dibiarkan aja dlu. Apalagi usianya sudah 7th, sudah bisa diberlakukan time out, dan reward-punishment. Kalo kata psikolog yg pernah saya baca, anak2 itu dasarnya cerdas. Jadi kalo ada perbedaan metode pola asuh maka dia akan belajar bahwa tiap orang itu berbeda2. Kalo di rumah uti A dia bisa berulah semaunya, minta sesukanya, tapi kalo di rumah uti B dia harus bersikap baik dan manis. They will learn. IMHO kuncinya konsisten dalam menerapkan aturan2 di rumah, seperti buang sampah pada tempatnya, no yelling, no swearing, dan semacamnya.. Maap kalo tidak banyak membantu. Tapi saya yakin jiwa bocah itu masih murni dan indah. jadi masih jauh lebih mudah di bentuk dan di tata, dibandingkan nanti ketika mereka sudah dewasa.. HTH :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Thank you yaa Natallia & Kira Kara,
Iya yah intinya sih 'house rule' aja deh patokannya ya? Mau anak siapa kek pokoknya ''kalo di rumah ini aturannya begini'' gtu lah ya?
Di sekolah begini aturannya, di mall begini aturannya, dst.
Ya kan?

Si kakak sepupu akhir2 ini sudah bersikap lebih baik sih, memang kayanya haus perhatian orang tuanya. Jadi semua kekacauan kemaren2 kuanggap jadi pengingat bagi aku sendiri aja deh, pay attention to our children coz they need their parents love and attention more than anything.

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

5

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Bunda sekalian, adakah yang punya pengalaman untuk mengatasi anak usia 1 tahun yang tantrum jika keinginannya tidak dipenuhi? Saya bingung, apakah aturan mengatasi tantrum untuk anak yang lebih besar bisa diterapkan untuk anak usia 1 tahun. Anak saya sering kali tantrum bila keinginannya tidak dipenuhi atau jika dilarang sesuatu. Melengkungkan tubuhnya dan menangis kencang. Mohon bantuannya bunda..

6

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Shanshant,
Saya pernah baca entah dimana kalo metode time out itu bisa diterapkan berdasar usia. 1 tahun cukup 1 menit saja. 2 tahun 2 menit. Karena anak yg masih kecil belum memiliki kemampuan menenangkan dirinya sendiri. Mungkin setelah 1 menit dibantu menenangkan dengan dipeluk. Hanya dipeluk, tanpa dengan memberikan apa yg diinginkan. Karena musti konsisten, kalau sekali gak boleh, ya gak boleh. Kalau dibilang gak boleh, lantas dikasih, nantinya dia akan tantrum lagi untuk mendapatkan yg dia mau, dan bisa jadi tantrumnya lbh dahsyat.
Jangan lupa sblm time out dikasih tahu dulu, misal "mama gak mau kasih kamu itu karena kamu mintanya gak sopan. Kalau kamu sudah tenang dan meminta dengan sopan, mama baru akan kasih.."
Mungkin gitu kali yaaa...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Shanshant - ngelanjutin yang Kira Kara bilang tentang time-out, ada bbrp yang share pengalamannya utk mengatasi tantrum dengan metode time-out disini... siapa tau membantu.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

moms, tantrum itu turunan atau gimana ya?? anak q 22m suka guling2 di tmpt umum kalo mau na ga diturutin. jadi keinget, dulu wkt sy kecil juga seperti itu, tiduran dan guling2. iih jadi malu pas liat anak q ky gitu..

9

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Oh ya mau cerita aja,
Dulu waktu suamiku kecil, ibu mertua cerita bahwa suamiku tukang tantrum, ngamuk dijalan, guling2 di lantai, ngeberantakin isi lemari bahkan kalau ngamuk. Pokoknya keras kepala ya. Maklum anak bungsu
Ibu Mertua cerita, kalau tantrumnya kumat, ya semacam di “time out”-in gitu, ibu mertua termasuk disiplin orangnya, kadang ya di kasih punishment.
Sekarang gimana? Ya udah engga lah beda 180 derajat, hihihi....
Nah tantrumnya itu nurun sepertinya ke anakku yang pertama (sekarang 5 tahun 4 bulan), jujur stres juga menghadapinya, ibu mertua kalau lihat tantrumnya anakku itu senyum senyum sendiri kaya nostalgia, intinya sich kalau tantrum
Didiemin dulu, kalau menganggu ketertiban umum di bawa ke tempat yang agak sepi, setelah reda baru saya ajak ngobrol anak saya itu, sambil usap2 pungungnya, diberikan penjelasan apa maunya, dan diberikan penjelasan sebab akibat
Kalau tantrumnya di rumah, itu saya bilang “kak, kayaknya kurang keras dech suaranya”, “kalau teriak di luar aja, di dalam berisik, nanti biar diliatin orang, itu kalau g malu sich”. Biasanyanya sich langsung diem seunggukan nangisnya
Kalau udah reda saya bilang “kalau teriak-teriak, nangis seperti itu jelek banget lho, bunda g suka, suara kakak juga habis tu kan...., lebih enak dibicarakan baik-baik,,,kalau bisa pelan kenapa teriak-teriak ngomongnya”

Alhamdulillah sekarang udah berkurang ya, puncaknya tu menginjak umur 3,5 (menjelang punya adik/saya hamil) sampai umur 5 tahun pas ini.

10

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Anakku yg ke2 dan ke3 kalau tantrum nyeremin abis. Nangisnya dipaksa, tiduran di lantai, jalanan dan malah yg kecil (1y4m)pake jedot2in pala ke lantai kalau marah.

Kl sedang kumat yg dilakukan adalah, memberi kesempatan mrk utk ekspresikan marah/ kesal setelah itu... Baru kupeluk dan kutenangkan sambil bilang kl nangis, ummi ngga ngerti, ngomongnya yg jelas ya, sayang.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

11

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

aku pun jugaaa,, anakku 2y5m.. lagi hobi banget tantrum.. udah sore dan ga mau mandi padahal udah hampir sampe jam 6.. ga mau mandi tetep dan sambil nangissss kencengg kayak abis diapain.. udah dibujuk sama apapun tetep kekeh ga mau dan nangis dong...

kita (aku dan suami) akhirnya mencoba nyuekin aja,, ada kali dia nangis sejaman.. sampe akhirnya nangisnya kayak nangis dibuat buat.. berenti nangis dan nangis lagi.... sampe manggil bundaa tapi sambil nangis.. udah dibilangin kan mandi biar seger, nanti temen2nya kebauan loh kalo dede ga mandi.. tapi malah teriak2 nangisnyaa... ya udah diemin aja.. akhirnyaa berenti sendiri (selama sejam itu) terus udah selese nangis tetep suruh mandi ... hihi

cuma suka agak tantrum kalo abis bangun tidur siang.. huhuhu masih bingung banget ngadapinnyaa...

12

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Mamas,

Mau ikutan sharing dan minta pendapat. Habibi (21mo) sebetulnya anak manis dan jarang marah-marah kecuali dia pingin sesuatu dan kami nggak ngerti (ya iyalah pasti marah).

Tapi sudah sekitar 3 bulan ini setiap kali dia pup di tempat umum, mall lebih tepatnya, dan saya bersihkan di baby room/toilet, itu pasti dia ngamuk sejadi-jadinya. Habibi kan sudah toddler yah ma, jadi saya nggak mungkin lagi bersihin pupnya model bayi yang dia ditidurin terus diseka pakai tisu basah/handuk basah/tissue basah. Harus saya basuh dan bersihkan dengan air mengalir (spray di toilet atau washtafel di baby room kalau toiletnya nggak representatif). Tapi Habibi pasti marah, ngamuk dan nangis teriak-teriak, hiks. Setiap saya gantiin dan bersihin dia bakal meronta-ronta, jadi tiap ke mall dan pup pasti baju saya basah kuyup, bahkan pernah bagian depan penuh pup mom (ini saya sampe ikutan nangis saking sedihnya, soalnya ngamuknya itu kayak disiksa, udah gitu saya dimarahin sama bapake pula, lah dia kan nggak ikutan pas bersihinnya *jadi curhat).

Ini ada saran buat mengatasinya nggak ya? Saya berusaha inget-inget kira-kira kenapa kok dia jadi begitu, tapi asli deh nggak pernah ada kejadian apa-apa terkait baby room atau toilet. Kalau diganti dan dibersihinnya di toilet biasa, misalnya di masjid gitu dia nggak ngamuk :(

Sekarang akhirnya saya cuma pergi ke mall yang baby roomnya memungkinkan buat bapake ikut masuk biar bisa bantu, itupun kami masih ada kena basah dan kadang pup saking hebatnya Habibi meronta-ronta. Atau saya baru mau ke mall kalo Habibi udah pup.

Hiks.

13

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

qisthi mungkin nggak kalo Habibi ngga suka ada diruangan kecil dan berisik kayak di toilet mall? Atau ngga suka dibersihkan pake jet spray-nya mall? memang aneh sih kalo tiba-tiba anaknya ngga suka dibersihin di toilet padahal sebelumnya gpp.

Aku sih punya pengalaman kayak gini sama anak nomer 1,dan kejadiannya pas udah gede malah,sekitar 3-4th. Selalu jerit2 kalo di lift dan ngga akan pernah mau masuk ke toilet yang kecil sempit gitu.
Akhirnya pengenalan ulang pelan-pelan lagi ke anak,kasih tau kalo itu ngga apa-apa. Lama-lama ngerti juga sih,walau butuh waktu lama.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

14

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

mami cindy

Bisa jadi yah, berarti memang harus dikasih tahu bukannya dihindari yah *self-toyor*

Tapi diganti di baby room juga begitu mak, padahal kan ruangannya luas dan terang dan menyenangkan banyak gambar-gambar lucu. Di baby room yang modelnya private nggak bareng-bareng gitu juga tetep meraung-raung. Curiganya dia simply nggak suka aja bebersih pup dengan cara selain di toilet biasa/toilet basah gitu kali ya.

15

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Mom rini, been done there.. aku sekarang lagi tinggal di rumah mertua dan di sini ada keluarga kakak ipar juga sama satu anaknya yang dititipin ke mertua kalau ortunya kerja, terus ada lagi kakak ipar yang tinggal gak jauh dari rumah mertua dg 3 anaknya yang tiap hari kemari.. ini ponakan2 hobi banget tantrum dan ada satu ponakan yang kalau tantrum sampe mukul nendang mecahin barang., dan sekarang nurun ke ponakan lain,, awalnya aku diemin, namanya juga anak2 tapi mulai aware ketika aku lihat anakku kok jadi ketularan.. sekarang jd freak banget suka ngurung anakku di kamar kalau ada ponakan, baru boleh keluar kalau mereka pada tidur atau maen, haha, dan yes! Serba salah nyikapin tantrum mereka karena bukan ortunya..

Proud wife, happy mama, and coffee freak..

Banosflorales.blogspot.co.id

16

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Sharing ah... Alhamdulillah anak2 sdh bisa menyampaikan maunya tanpa tantrum. Tapiii, pas brp minggu lalu ke mal, liat ada anak tantrum. Kesian ibunya malu smp mojok.
Kalau menurut saya, sih, gak papa kok anak tantrum.. ngga ada anak yg nggak pernah ngambek atau tantrum, cmn levelnya mungkin beda, dan kelonggaran ortu mungkin jg beda. Saya pribadi tetap akan berpegang pada pakem kami dimanapun anak2 berada. Tantrun di mol, di rumah, dimanapun, tetap gak akan diturutin maunya kalau mmg yg diinginkan sesuatu yg dilarang.org di mol mah gak akan ketemu lagi, dan anak saya tuh tgg jawab saya dunia akhirat, kl salah didik yg repot jg saya. So, sy gpp anak nangis minta sesuatu dan sy ngga nurutin smp sepanjang jln nangis2. Krn buat saya, itu prinsip.
Ada mngkn org yg menuruti kemauan anaknya, krn emg prinsip2 (vqlues) yg dipegang tiap keluarga beda2...

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

17

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

mummyhilya wrote:
Sharing ah... Alhamdulillah anak2 sdh bisa menyampaikan maunya tanpa tantrum. Tapiii, pas brp minggu lalu ke mal, liat ada anak tantrum. Kesian ibunya malu smp mojok.
Kalau menurut saya, sih, gak papa kok anak tantrum.. ngga ada anak yg nggak pernah ngambek atau tantrum, cmn levelnya mungkin beda, dan kelonggaran ortu mungkin jg beda. Saya pribadi tetap akan berpegang pada pakem kami dimanapun anak2 berada. Tantrun di mol, di rumah, dimanapun, tetap gak akan diturutin maunya kalau mmg yg diinginkan sesuatu yg dilarang.org di mol mah gak akan ketemu lagi, dan anak saya tuh tgg jawab saya dunia akhirat, kl salah didik yg repot jg saya. So, sy gpp anak nangis minta sesuatu dan sy ngga nurutin smp sepanjang jln nangis2. Krn buat saya, itu prinsip.
Ada mngkn org yg menuruti kemauan anaknya, krn emg prinsip2 (vqlues) yg dipegang tiap keluarga beda2...


Wih serem juga sih kalau sampe throwing tantrum di depan gitu, untung bunda @mummyhilya nggak ngalamin langsung yah. Eh sebetulnya ada loh cara mengatasi anak tantrum yang layak banget buat dicoba. Saya pribadi belum ngalamin sih. 

18

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

sepertinya hampir setiap anak pernah tantrum ya di depan publik, dan kalo menurut aku ini hal wajar dan manusiawi, yah namanya anak-anak kan belum bisa mengontrol emosinya dengan baik, jangankan anak-anak ya kadang kita yang dewasa aja masih PR banget deh untuk ngontrol emosi, ya kan?

kalo anak-anakku sudah pasti pernah tantrum, ya sikapnya sih aku harus tegas ya, tidak semua yang diinginkan oleh anak bisa di dapat, anak juga ahrus belajar itu dan mulai dari kecil. Biasanya aku diemin dulu sampai dia tenang kembali, ketika dia sudah tenang dan bisa diajak bicara, aku mulai ajak dia bicara dan jelaskan, so far sih berhasil ya cara itu. Dan sudah pasti lah semua mata menuju pada aku ketika anakkua teriak nangis kenceng di mall dan aku diem di depan dia, ya biarlah, urusan anakkua kan urusanku jadi ga usah mikirin orang lain hihi.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

19

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Wah, Alhamdulillah anakku tidak seperti itu

20

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Beraaatt yaaa tantrum depan umum, apalagi mata2 indonesia tuh bikin gemeeesss hahahahah. Tapi kalau aku, bener kata mama2 sebelumnya, semangaaattt dan tetap bersiteguh gak mau memenuhi "keinginan" mereka itu. Paling ya sebelum jalan ke mall, aku pastiin dulu dia istirahatnya cukup dan gak lagi ngantuk, gak laper juga, sedia snack, gitu. Tapi namanya tantrum pernah di hypermart minta beliin kinderjoy hahahaha. Dr rumah aku dah bilang nanti kita hanya beli bahan makanan, kamu gak beli apa2 kan kmrn sudah beli mainan misalnya gtu. Tantrum gtu mungkin yg di depan umum itu pertama dan terakhir kalinya. Krn dia tau, percuma cyiiiiinnn hahahahaha...Semangat mama2 semuaaaa...Kami mendukungmuuuuu

21

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Aduuhh bener banget, emang berat rasanya kalau anak tantrum di publik gitu.
Terus si telor coklat itu sungguhlah cobaan berat buat aku :P Dulu #Kid3 yang paling sering tantrum karena si DIA. Untungnya lama-lama ngerti, jadi agak tenang sekarang.

Sekarang lebih suka ngambek aja dianya kalo di publik misal mas-masnya bersikap gak sesuai sama yang dia mau :P

semangat buat para mama yang berjuang melawan tantrumnya anak-anak. kita kudu stok sabar yang banyaaaakkk

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

22

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Semmy,
jangan salah.. saya juga ngalamin kok tantrum gitu. apalagi anak kedua saya adalah anak berkebutuhan khusus. anak tantrum sampe kayak digebukin apaan tau, pernah. malu? tentyuuuu. kezel, pastinya. mood jadi berubah. niat mau maem makanan A, anak tantrum, jd kzl, pulang. awalnya dulu gitu. terus saya sadar. kalau gini mah lose-lose solution.
Anak nggak belajar kontrol emosi, saya gak dapet keperluan saya. Akhirnya ya, saya belajar "budek" dikit. anak nangis, bawa ke area parkir, atau keluar dan dibiarkan dl sampai lega. kadang cuman krn anakku gak suka banyak orang, karena ada band lagi manggung jadi berisik, dll. bisa cuman 5menit, atau 30 menit lebih, karena ngasih pengertian kl di dalem berisik, kita belajar sabar. terus ambil earplug atau bikin earplug dari kapas. haha. intinya mah, tantrum tuh ada persoalan awalnya, dan itu harus diaddress. maksudnya, dipahami ada masalah, kl berisik gak bisa diapa2in, kita pk earplug. kal banyak orang, gandeng yg erat, dll.

tentang telur coklat. OMG! kenapa ada produk itu? hahaha. mainannya kecil2 besok ilang atau rusak, tp kok anak2 demen. hahaha.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

23

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Anak tantrum di depan publik itu memang bikin menguras emosi yaaa tapi memang harus diatasi dan muka tembok banget orangtuanya. Anak-anak kadang memang suka begitu, ya mau ga mau kita harus konsekuen dengan apa yang sudah di terapkan walaupun dilihat sejuta mata orang ya yang kesannya koq nih orangtua tega amat sama anak. tapi kalo ga begitu ya anak juga ga akan belajar mana yang boleh dan yang tidak boleh. Asal jangan memaki atau ngomel keras-keras dan bermain kasar ya ditempat umum ke anak. Saya biasanya nunggu sampai anak selesai nangis dan bicara dengan mnereka pelan-pelan agar anak bisa menegrti dengan apa yang seharusnya

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

24

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

kalo anaknya masih bayi usia sekitar 14bulan tantrum, ada yang pernah kah, Mam?

25

Topic: Pengalaman Anak Tantrum di depan Publik

Visyabiru,
Oh tentu pernah! Biasanya karena apa yg dimau gak dikasih.
Nah kalo gitu, aku kasih pengertian ke anaknya, entah anaknya paham atau gak, yg penting selalu diomongin :)



Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/