1

Topic: Mata Malas/ Lazy Eyes/ Ambliopia pada Balita

Dear Mom, mau sedikit berbagi cerita dan cari informasi.

Anak perempuan saya umurnya 4 tahun. Atas saran dari gurunya, diminta untuk periksa mata ke dokter mata anak. Alasannya, anak saya suka memincingkan mata waktu melihat.

Setelah saya bawa ke dokter mata anak dan diperiksa. Mata anak saya, kanan -5,5 dan kiri -4,5. Ada silinder juga 1,5. Saat di cek fisik mata (kornea, syaraf), semua baik. Tanpa kacamata, anak saya cuma bisa baca 3 deret teratas snellen chart. Dengan kacamata yang sesuai minusnya, tetap hanya bisa baca 3 teratas snellen chart.

Disimpulkan anak saya mengalami gangguan pengelihatan mata malas.

Sebagai informasi, anak saya bukan pecandu handphone. Tapi dia memang suka nonton TV dan suka baca buku walau cuma lihat-lihat gambar dan baca sedikit-sedikit.

Apa ada mama-mama atau papa-papa yang memiliki pengalaman yang sama dengan saya?

Terima kasih sebelumnya

2

Topic: Mata Malas/ Lazy Eyes/ Ambliopia pada Balita

anakku pun mom cuma kita belom tau sih dan belom periksa so far sejauh ini masih aman2 aja
soalnya aku selalu pake lavender YL untuk merilekskan matanya sebelum tidur

3

Topic: Mata Malas/ Lazy Eyes/ Ambliopia pada Balita

fenntastic wrote:
Dear Mom\, mau sedikit berbagi cerita dan cari informasi\.

Anak perempuan saya umurnya 4 tahun\. Atas saran dari gurunya\, diminta untuk periksa mata ke dokter mata anak\. Alasannya\, anak saya suka memincingkan mata waktu melihat\.

Setelah saya bawa ke dokter mata anak dan diperiksa\. Mata anak saya\, kanan -5\,5 dan kiri -4\,5\. Ada silinder juga 1\,5\. Saat di cek fisik mata \(kornea\, syaraf\)\, semua baik\. Tanpa kacamata\, anak saya cuma bisa baca 3 deret teratas snellen chart\. Dengan kacamata yang sesuai minusnya\, tetap hanya bisa baca 3 teratas snellen chart\.

Disimpulkan anak saya mengalami gangguan pengelihatan mata malas\.

Sebagai informasi\, anak saya bukan pecandu handphone\. Tapi dia memang suka nonton TV dan suka baca buku walau cuma lihat-lihat gambar dan baca sedikit-sedikit\.

Apa ada mama-mama atau papa-papa yang memiliki pengalaman yang sama dengan saya\?

Terima kasih sebelumnya
gimana keadaan mata anaknya sekarang mom?