1

Topic: Les Matematika

Saya mengkhawatirkan nilai pelajaran matematika anak saya, dengan jumlah siswa yang kurang lebih 40 orang dalam 1 kelas apakah itu akan efisien? apakah semua pelajaran yang diberikan akan diserap dengan baik oleh para siswa? kadang anak terlalu takut dengan matematika, metode pembelajaran seperti apa yang cocok diterima mudah oleh anak?

Apakah saya harus memberi les tambahan untuk anak saya dalam bidang matematika?
Bagaimana langkah bijak yang harus saya ambil?

-edited by mod-

2

Topic: Les Matematika

xtoredy,
anaknya umur brp?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Les Matematika

Berdasar pengalaman yg terpenting adalah jika anak kita punya kesulitan dgn matematika, siapa diantara kita dan istri yg punya kesulitan sama dgn matematika.

Kalau di keluarga gw, kebetulan gw yg parah banget matematikanya :p Tapi justru ini yg jadi nilai tambah gw kalau ngajarin dia. Gw punya empati yg sangat kuat bagaimana rasanya menghadapi angka2 yg mengerikan itu.

Kalau bisa ajarin dia, kenapa harus keluar uang kasih dia les yg gw tahu akan sangat membuat tertekan dia, karena dulu gw juga gitu pas dikasih les :))

Kasusnya gini: anak pulang punya kesulitan untuk pembagian. Tentunya di mata kita yg sudah punya pemikiran dewasa ini akan sangat heran campur marah dan sedih, kenapa nak membagi hal sederhana ini kamu tidak bisa2?

Tapi kalau lihat dari sudut anak kelas 1-3 SD: daya tangkap, cara pengajaran guru dan faktor kebetulan pas diterangkan lagi tidak fokus serta malu untuk bertanya kembali, memegang penting pemahaman si anak.

Solusinya gw. Sebelum ngajarin dia, cari dulu metode pengajaran yg paling enak buat kita di youtube. Artinya kita cari keyword division for elementary. Salah satu youtube yg gw suka adalah mathantics.

Kita lihat dulu video tutorialnya dengan membayangkan bagaimana pemikiran seorang anak sd. Setelah step by stepnya dapet. Gw panggil si anak. Nonton bareng. Tapi, step by step. jadi pada setiap step gw pause tanya dia, yg ini kamu dah ngerti belum. Coba ulangi (karena biasanya si anak biar cepet dia cuma angguk2 aja). Begitu seterusnya sampai kita berdua bisa.

Timing is everything. Cari waktu dan suasana yg pas utk ajarin si kecil. Karena akan butuh ekstra kesabaran. Mudah2an kalau hasilnya ok. Rasa bangga plus hemat uang les jadi hadiah termanis pengorbanan kita. Good luck guys.

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

4

Topic: Les Matematika

yudhis,
waduhhh bener banget yaaa.
hahah duh elo sabar banget yah yud. gw masih harus belajar super sabar nih sama anak. tapi inget dulu waktu kecil belajar matematika sering dimarahin bapak :D takuttt. jadi itu yang bikin gw mayan better lah kalo ngajarin alde. ga pengen dia mengalami hal yang sama.

mau liat2 youtube juga ah! :) thanks yud!

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Les Matematika

yudhis barusan liat2 mathantics di yutub,keren yaa ada ginian :D hahaha..
dulu,math ini juga cukup mengerikan sih buat gue.

Stok sabar harus ditambah kalo ngajarin anak2 dirumah.. Happy nya kalau lihat progress mereka dari sedikit2.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

6

Topic: Les Matematika

Menurut gw matematika itu harus banyak latihan biar terbiasa mengerjakan jenis2 soal yang ada. Masalahnya di sekolah itu terlalu cepat berpindah jenis dan variasi soal yang diajarkan sehingga anak masih belum menguasai sudah harus belajar yang baru sehingga bingung.Jadi selama ini solusinya gw cari cara mengajari yang lebih mudah dimengerti anak, dan diterapkan di rumah plus ngeprint worksheet yang relevan dari internet. Sejauh ini berhasil, apalagi kalau sambil main2... anak senang dan gak stres, pelajaran juga lebih ingat.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

7

Topic: Les Matematika

abis terima rapot UTS anak2, semuanya bagus hanya ada satu yang kurang, matematika, langsung deh meluncur ke thread ini buat nyari solusi.. rasanya latihan udah lumayan deh, tapi emang anaknya kurang suka sama mata pelajaran ini, duhh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Les Matematika

I know that opinions on online research paper help differ, but I want to make a contribution to this eternal discussion if you don't mind. I have been studying in college for three years, and it's my best time, I bet. A heavy academic load always tries to spoil this amazing time, but, fortunately, I managed to find a solution. I regret that I didn't find it earlier.